4 Hal Yang Membuat Tidur Anda Pulas

   Tidur sudah menjadi kebutuhan setiap orang, akan tetapi tidak semua orang bisa tidur dengan pulas. Tidur yang berkualitas akan mempengaruhi kesehatan atau kebugaran seseorang, jadi kualitas lebih dipehatikan daripada kuantitas. Dengan begitu bukan berarti tidur dengan waktu yang sedikit itu baik atau tidur dengan waktu yang lama itu baik. Ambil yang pertengahan saja sekitar 6 jam setiap hari itu lebih baik. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar memiliki kualitas tidur yang baik :

1. Ciptakan kebiasan tidur dan bangun diwaktu yang sama
Membiasakan waktu tidur dan bangun sangat lah penting sehingga tubuh akan terbiasa dengan waktu dan bangun tidur kita. Dengan pola tidur dan bangun yang konsisten juga akan membiasakan metabolisme dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh tidak terganggu.

http://nurudinsya.blogspot.com/2015/02/4-hal-yang-membuat-tidur-anda-pulas.html
  
2. Memiliki kamar tidur yang nyaman
Memiliki kamar tidur yang nyaman akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur seseorang. Jangan tidur disembaragan ruang seperti ruang tamu, karena dengan begitu kan banyak gangguan yang akan mengganggu kegiatan tidur kita. Entah suara tv, radio atau bahkan akan terganggu apabila sedang kedatangan tamu. Dengan memiliki ruang tidur yang nyaman tidur pulas tidak ada yang mengganggu.
Pastikan kamar tidur anda tenang, gelap, sejuk dan nyaman. Tempat yang sejuk lebih memungkinkan anda cepat tertidur. Juga, mengurangi akses terhadap cahaya dan suara berarti mengurangi pengganggu tidur. Dengan kondisi tersebut, kamar tidur menjadi tempat nyaman dan membuat tubuh menjadi rileks, sehingga menjadikan tidur lebih berkualitas.

3. Jangan mengkonsumsi alkohol, kafein dan nikotin sebelum tidur

Hindari minuman makanan yang mengandung alkohol, kafein maupn nikotin karena alkohol, nikotin dan kafein membuat kinerja jantung lebih cepat atau efek debar jantung lebih cepat sehingga sulit untuk tidur pulas. Alkohol, nikotin dan kafein juga tidak baik untuk tubuh kita.

4. Jangan tidur siang
Apabila disiang hari tidak tidur maka anda akan tertidur pulas dimalam hari dengan begitu anda memiliki kualitas tidur yang baik. Jika managemen waktu tidur malam hari anda berjalan baik, maka anda tidak lagi membutuhkan tidur siang. Namun jika anda selalu ngantuk di siang hari, bisa jadi itu menandakan gejala gangguan tidur dan membutuhkan konsultasi dokter.

   Apabila setelah 20 menit berbaring namun merasa kesulitan untuk tertidur, jangan terus berbaring sambil terjaga atau uring-uringan di tempat tidur. Hal tersebut malah akan membuat resah dan tambah menyulitkan usaha anda untuk tertidur. Bangunlah dari tempat tidur, pergi ke tempat lain yang tenang untuk duduk atau berbaring hingga merasa mata anda sudah siap untuk tertidur.
Semoga dengan 4 hal diatas kita dapat mengatasi gangguan tidur kita. Tidur berkualitas aktivitas lancar..