4 Efek Negatif Ketika Tidak Sarapan Pagi

apakah ada Efek negatif ketika tidak sarapan pagi
Sarapan pagi adalah awal kita untuk mengisi perut, agar memiliki tenaga untuk beraktifitas. Akan tetapi ada sebagian orang yang tidak bisa untuk sarapan pagi, entah karena belum ada untuk dimakan atau karena terburu-buru berangkat. Bagaimanapun juga sarapan pagi dapat memberikan tenaga lebih untuk melakukan aktifitas dan dapat menyuplai kebutuhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, apalagi tubuh tidak mendapatkan suplai apapun ketika tidur.


Sarapan pagi atau tidak itu juga menjadi kebiasaan setiap orang. Ada sebagian orang yang tidak sarapan pagi apabila beraktifitas secara berlebihan menyebabkan pingsan. Bagi yang tidak bisa melakukan sarapan pagi dirumah kan bisa melakukan sarapan pagi disekolah maupun ditempat kerja entah dengan bekal atau membeli makanan dikantin. Sehingga hal-hal yang dikhawatirkan dari efek negatif ketika tidak sarapan pagi dapat dihindarkan.

Berikut adalah beberapa hal dari efek negatif ketika tidak sarapan pagi :

1.Diabetes
Tidak melakukan sarapan pagi dapat meningkatkan resiko diabetes terutama terhadap wanita. Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition bahwa wanita yang melakukan sarapan pagi rata-rata nol sampai enam kali per minggu beresiko lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan dengan wanita yang melakukan sarapan pagi setiap hari.

2. Penyakit jantung
Masak sich efek negative ketika tidak sarapan pagi  bisa menyebabkan penyakit jantung?
Dalam sebuah studi di jurnal sirkulasi, melakukan sarapan pagi dihubungkan dengan insiden lebih rendah dari penyakit jantung pada pria antara usia 45 dan 82 tahun. Menurut studi ini menemukan bahwa tidak melakukan sarapan pagi juga mempengaruhi hipertensi, resistensi insulin dan kadar gula darah tinggi.

3. Daya Ingat menurun
Pada tahun 2005, Journal of American Dietetic Association melakukan tinjauan terhadap  tidak melakukan sarapan pagi dapat menurunkan fungsi kognitif yang berkaitan dengan daya ingat, dengan begitu melakukan sarapan pagi adalah langkah awal untuk cerdas.

4. Berat badan menurun
apabila tidak melakukan sarapan pagi kalori yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi sehingga simpanan energi yang terdapat pada tubuh berkurang, dengan begitu berat badan seseorang akan berkurang atau menurun.

Mari kita biasakan untuk sarapan pagi, Kalau bukan diri sendiri yang menjaga KESEHATAN tubuh siapa lagi? Kalaupaun tubuh sehat yang menikmati juga diri sendiri bukan orang lain. Semangat sarapan pagi..^_^