5 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Pertama Kali Menstruasi

Apa yang perlu dilakukan ketika pertama kali menstruasi? Kali ini akan membahas masalah tentang wanita bukan berarti seorang cowok tidak boleh untuk mengetahui, karena suatu saat seorang cowok akan menjadi ayah maka juga perlu tahu tentang masalah yang perlu dilakukan ketika menstruasi untuk pertama kali. Menstruasi adalah proses peluruhan dinding rahim yang disertai dengan terjadinya pendarahan. Menstruasi terjadi terhadap wanita ketika sudah masuk usia baligh atau yang disebut dengan pubertas.

Ketika para wanita  mendapatkan menstruasi pertama kali mereka, mereka mungkin tidak akan tenang atau pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan karena mungkin ada beberapa wanita yang kaget terhadap hal tersebut. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan ketika pertama kali mentruasi:


1.      Jangan panik.
Menstruasi akan terjadi kepada setiap wanita dalam hidupnya, ketika anda panik akan memperkeruh suasana dan membuat stress diri anda, jangan panik adalah langkah awal ketika haid pertama kali. Bawalah pembalut ketika anda berpergian, kalaupun tidak membawa bisa beli atau meminta teman wanita yang memiliki.

2.      Carilah informasi.
Sekarang zaman udah maju, internet dapat diakses dimana-mana. Carilah infomasi mengenai menstruasi. Bisa juga dengan membaca buku KESEHATAN tentang menstruasi dan siklusnya. Dengan anda mengetahui ilmunya anda akan lebih tenang dan percaya diri ketika akan menghadapi menstruasi. Dengan begitu sudah tidak kaget apabila menstruasi menghampiri.

3.       Pikirkan tentang semua wanita yang Anda kenal.
Guru Anda, polisi  wanita, politisi perempuan, setiap wanita yang pernah Anda lihat! Apakah Anda pernah berpikir, "Dia bertingkah aneh. Aku yakin dia memiliki masa nya", Bener tidak. Menstruasi pertama Anda adalah sebuah pengalaman, mudah-mudahan tidak buruk, tapi segera Anda akan mendapatkan benar-benar digunakan untuk memiliki periode Anda dan menghadapinya seperti Anda berurusan dengan segala sesuatu dalam hidup Anda, seperti semua perempuan dan anak perempuan menghadapi periode mereka sementara mereka melakukan pekerjaan mereka, bermain olahraga, menjadi ibu dan masih banyak lagi yang dilakukan oleh wanita ketika menstruasi.

4.      Belilah persediaan.
Karena anda tidak tau kapan anda akan mengalami menstruasi, maka belilah pembalut untuk persedian dan berjaga-jaga apabila menstruasi datang menghampiri.
Dengan memiliki persedian ketika menstruasi datang, anda sudah menyiapkannya dan tidak perlu repot-repot.

5.      Katakan pada ibumu.
Berbagi cerita dengan ibu sangatlah menyenangkan, karena ibu adalah orang yang terdekat dengan kita. Bagaimanapun juga ibu adalah orang yang memiliki pengalaman mengenai menstruasi, mintalah nasehat dan hal-hal yang perlu dilakukan ketika menstruasi datang untuk pertama kalinya.

Itulah 5 hal yang perlu anda lakukan ketika pertama kali menstruasi, semoga dapat bermanfaat..


rumus ideal berat badan, serit rambut, mainan untuk anak 1 tahun, rumus berat ideal, menghitung bb ideal