4 Alasan Kenapa Pria Harus Disunat

Sunat adalah penghilangan kulup pada ujung kepala  kemaluan, sunat pertama kali dilakukan pada zaman nabi Ibrahim kemudian sudah menjadi tradisi sampai sekarang dan menjadi sesuatu yang disunnahkan. Banyak anak maupun orang dewasa yang disunat karena alasan agama maupun karena alasan kesehatan.  Pada umumnya sunat dilakukan ketika sudah mendekati baligh atau masa puber antara umur 10 – 15 tahun, kalaupun dilakukan dibawah maupun diatas umur itu tidaklah mengapa karena setiap daerah memiliki tradisinya masing-masing. Apa sich manfaat dari sunat maupun khitan?dan kenapa harus disunat?berikut adalah ulasan pentingnya sunat maupun khitan untuk kesehatan:

1.Mengurangi resiko infeksi saluran kemih
Ketika anda sudah melakukan sunat maka apabila buang air kecil menjadi lancar dan yang terpenting tidak ada sisa air seni yang menempel pada kulup. Berbeda dengan yang belum melakukan sunat, sisa air seni masih tersisa didalam kulup yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti infeksi saluran kemih.



2.Mengurangi resiko penyakit menular
Seseorang yang sudah disunat maka kebersihan alat vitalnya sangat terjaga sehingga tidak menimbulkan penyakit menular ketika melakukan hubungan suami-istri.

3.Mencegah kanker
Kebersihan alat vital sangatlah penting, karena apabila kebersihan alat vital tidak terjaga maka akan menimbulakan banyak bakteri. Dengan melakukan sunat kebersihan alat vital dapat terjaga sehingga dapat mengurangi resiko kanker terutama kanker serviks pada istri anda.

4.Mencegah terjadinya peradangan
Apabila seseorang sudah melakukan sunat atau khitan maka kebersihan dan kelancaran dalam buang air kecil dapat dijaga dengan baik, sehingga tidak menimbulkan peradangan pada saluran kemih anda.

Itulah 4 manfaat yang ditimbulakn akibat dari melakukan sunat maupun khitan. Bagaimanapun juga sunat adalah sunnah yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan sebagai bentuk rasa taat kepada-Nya yang dapat bernilai ibadah.