4 Mitos yang Beredar Mengenai Haid

Mitos memang sulit untuk dihilangkan, karena sudah turun temurun dari orang-orang terdahulu. Masih banyak sekali mitos yang beredar dikalangan masyarakat salah satunya adalah mitos mengenai haid. Banyak para wanita terjebak terhadap mitos mengenai haid. Wanita ketika menstruasi dihamtui beberapa mitos yang beredar dan masih diyakini tentang kebenarannya. Mitos apa saja yang masih dipercayai kebenarannya?berikut adalah mitos seputar haid yang dipercaya oleh para wanita:

1.Tidak boleh minum dingin, es maupun sejenisnya
Para wanita bberpikiran apabila minum-minuman dngin dapat menyebabakan darah membeku sehingga dapat menyebabkan penyakit kista. itulah mitos yang beredar dimasyarakat yang dipercayai sebagian wanita. Padahal makanan dan minuman itu berkaitan dengan sistem pencernaan sedangkan menstruasi berkaitan dengan sistem reproduksi. jadi tidak ada kaitannya minuman dingin dapat menyebabkan darah membeku. Itulah penjelasannya secara medis bahwa tidak ada kaitannya minuman dingin dengan membuat darah haid membeku.



2.Minum obat pereda nyeri dapat mengganggu kesuburan
Mitos yang berkembang dimasyarakat bahwa minum obat pereda nyeri saat haid dapat mempengaruhi kesuburan. Padahal apabila minum obat pereda nyeri sesuai dengan anjuran dokter sangat aman dan tidak mempengaruhi kesuburan anda dan yang terpenting minum obat pereda nyerinya ketika memang sangat dibutuhkan dan bukan menjadi kebiasaan.

3.Minuman bersoda dapat meperlancar haid
Mitos yang ketiga ini lebih ekstrim, yaitu minuman bersoda dapat menyebabkan darah haid menjadi lancar. Penyebab darah haid yang tidak lancar adalah dikarenakan hormon yang mengatur siklus menstruasi tidak seimbang sehingga darah haid yang keluar tidak lancar. sehingga tidak ada hubungannya dengan minuman bersoda yang dapat meenyebabkan darah haid menjadi lancar karena dalam minuman bersoda tidak ada kandungan yang dapat membuat hormon pengatur siklus menstruasi bekerja dengan baik, bahkan minuman bersoda berdampak buruk bagi kesehatan.

4.Dilarang keramas
Mitos yang ini lebih aneh lagi yaitu dilarang keramas ketika hari pertama menstruasi. Apabila keramas dihari pertama dapat menyebabkan menopause lebih cepat. Menurut pendapat Dr. Caroline Tirtajasa,Sp,OG tidak adanya larangan ketika sedang menstruasi. Menjaga kebersihan adalah hal terpenting ketika sedang menstruasi. Begitu pula dengan mencuci rambut, kebersihan kulit kepala ketika sedang menstruasi harus lebih dijaga karena adanya perubahan hormon.

Demikian 4 mitos yang berkembang dimasyarakat mengenai haid, sebaiknya ditanyakan kepada ahlinya dan jangan langsung percaya dengan mitos yang beredar.