Menatap layar terlalu lama? Ini dampaknya

KESEHATANKU-Memiliki mata yang sehat merupakan dambaan setiap orang, tetapi mata yang sehat membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Beberapa orang tidak memperhatikan kesehatan matanya, apalagi dijaman yang serba modern metap layar selama berjam-jam tidak terasa baik itu layar komputer, gadget maupun televisi. 

Meskipun itu terlihat sepele, hanya menatap layar tetapi kebiasaan tersebut dapat menyebabkan ketegangan pada otot mata yang mana dalam jangka panjang dapat mengakibatkan permasalahan pada penglihatan. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari menatap layar terlalu lama. Berdasarkan penelitian kepada 7000 orang dan menemukan bahwa waktu yang dihabiskan didepan layar baik gadget, komputer maupun televisi pada anak maupun orang dewasa dapat menimbulkan ketegangan otot. Berikut adalah dampak negatif terlalu lama menatap layar selain menimbulkan ketegangan otot:

Menatap layar terlalu lama? Ini dampaknya


1. Sakit kepala
Karena terlalu lama didepan layar yang menimbulkan ketegangan pada otot mata sehingga dapat menyebaabkan sakit kepala. Untuk menghindari terjadinya sakit kepala maka yang perlu diperhatikan adalah mengistirahatkan mata beberapa menit untuk tidak menatap layar.

2. Mata pedas
Mata yang jarang berkedip membuat mata menjadi kering sehingga membuat mata terasa pedas, gatal dan kering sehingga mata terasa sakit karena terlalu lama menatap layar sehingga terjadi iritasi dan alergi pada mata.. 

3. Rabun jauh
Menatap layar terlalu lama baik komputer, gadget maupun televisi dalam jangka panjang dapat menyebabkan rabun jauh. Terlihat sepele bukan hanya menatap layar terlalu lama tetapi memiliki dampak yang buruk bagi penglihatan sehingga menyebabkan rabun jauh.

Demikian 3 dampak buruk metap layar terlalu lama, sebaiknya perhatikan kesehatan mata anda dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh mata seperti vitamin A dan yang lainnya. Dan yang terpenting lagi jangan terlalu lama menatap layar sebaiknya seperlunya saja dan apabila menjadi kebiasaan maka perhatikan waktu istirahat pada mata anda.