5 Benda yang Wajib Dijaga kebersihannya

5 Benda yang Wajib Dijaga kebersihannya-Bakteri atau kuman yang mungkin ada di mana saja, termasuk didalam rumah. Meskipun hampir setiap hari membersihkan rumah baik dari tempat tidur, ruang tamu bahkan sampai disudut-sudut ruangan.Tidak hanya pada tempat tidur, ruang tamu maupun disudut-sudut ruangan yang harus dibersihkan karena ada beberapa tempat yang akan menjadi sarng bakteri maupun kuman jika tidak diperhatikan kebersihannya. Banyak yang tidak sadar kalau benda-benda tersebut terdapat banyak kuman dan bakteri. berikut benda yang bisa menjadi sarang bakteri maupun kuman yang berada dirumah anda:

1. Wastafel
Wastafel bisa menjadi penyebab berkembang biaknya bakteri maupun kuman. Bahkan ada ribuan bakteri di sana. Untuk mengatasi masalah ini, bersihkan wastafel dengan setengah cangkir cuka dan setengah cangkir baking soda. Kemudian bilas sampai kembali bersih. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan air panas untuk membersihkan permukaan wastafel untuk membunuh mikroorganisme yang tersisa.

5 Benda yang Wajib Dijaga kebersihannya


2. Daun Pintu kulkas 
Bakteri maupun kuman dapat hidup didaun pintu kulkas (pegangan kulkas) ini dikarenakan ada kontamisai dari daging ayam maupun daging sapi yang berada didalam kulkas. Kontaminasi silang adalah masalah terbesar didapur. Selain itu, pada pegangan pintu kulkas adalah yang paling umum dipegang hampir setiap setiap hari. Dengan demikian, pegangan pintu kulkas menambah daftar / catatan sebagai objek yang harus dibersihkan secara teratur.

3. Keran Air
Di hampir semua kamar mandi menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. E. coli adalah bakteri yang berada dalam air yang dapat berkembang biak dengan baik didalam air. Keran air merupakan tempat keluarnya air yang harus dijaga kebersihannya.  Hal ini karena banyak orang menyentuh keran sebelum dan setelah menggunakan kamar mandi. Maka dari itu sebaiknya keran air dibersihkan secara berkala agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya kuman maupun bakteri.

4. Kain lap piring atau gelas
Banyak orang percaya bahwa kain lap piring atau gelas yang berada didalam rumah bebas dari bakteri, karena biasanya dalam kondisi kering. Namun, jika kain yang digunakan untuk mengeringkan piring yang baru dicuci, maka menyebabkan kain lap menjadi basah. Basahnya kainlap akan membuat kain lap menjadi lembab sehingga menjadi tempat berkembang biaknya bakteri Oleh karena itu, kami sarankan Anda selalu mengganti secara berkala dengan lap yang kering lainnya..


5. Spon busa pencuci piring
Spon busa yang berguna untuk mencuci piring bisa menjjadi tempat berkembang biaknya kuman maupun bakeri. Spon pencuci piring yang seharusnya menjadi pembersih piring malah bisa menjadi penyebab berpindahnya bakteri kepiring. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya spons direndam dengan air panas, sehingga menyebabkan mikroba menjadi mati, dan tidak bisa berkembang biak. Selain itu, sebaiknya spon pencuci diganti secara berkala

Demikian 5 benda yang wajib dijaga kebersihannya sehingga kuman maupun bakteri tidak berpindah kedalam tubuh anda yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.