5 Dampak Negatif Marah Bagi Tubuh

5 Dampak Negatif Marah Bagi Tubuh-Menjaga kesehatan emosional anda sangat penting, karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Emosi akan memiliki dampak yang negatif bagi tubuh, begitu juga sebaliknya senang ataupun bahagia memiliki dampak yang positif bagi tubuh. Maka sangat penting untuk menjaga emosi dimanapun kita berada dan bagaimanapun keadaannya.

Risiko kesehatan yang berhubungan dengan kemarahan dianggap sangat serius. Pasien dengan penyakit jantung yang akan menghadapi risiko kesehatan yang sangat serius dan mematikan, ketika mereka marah. Oleh karena itu, kami mendorong mereka untuk belajar bagaimana mengelola dan mengendalikan kemarahan mereka ketika datang. Hal ini karena efek kesehatan negatif yang disebabkan oleh kemarahan yang tidak sedikit.

Berikut adalah berbagai gangguan dan penyakit yang akan dialami oleh tubuh manusia, karena kemarahan: 

1. Gangguan Tidur
Ketika Anda marah, berbagai hormon dalam tubuh Anda, "bergejolak." Hal ini memungkinkan Anda untuk mengalami gangguan tidur. Jika tubuh tidak mendapatkan cukup istirahat, tubuh Anda rentan terhadap berbagai penyakit. Selain itu, kurang tidur akan membuat kacau pikiran Anda.

5 Dampak Negatif Marah Bagi Tubuh


2. Depresi
Salah satu efek negatif yang disebabkan oleh kemarahan adalah stres. Setelah kemarahan reda, biasanya seseorang akan mengalami stres, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penyakit serius seperti diabetes, hipertensi, depresi, dan sebagainya.

3. Penyakit Jantung
Gangguan kardiovaskular seperti jantung mengalahkan hasil yang sangat cepat melebihi batas normal dipicu marah. Jika Anda termasuk orang yang cepat marah, detak jantung Anda mungkin terus meningkat, membuat Anda rentan terhadap serangan jantung.

4. Hipertensi
Hipertensi dapat disebabkan oleh kemarahan. Ketika Anda marah, tekanan darah meningkat untuk sementara waktu. Namun, masih tidak akan membiarkan mengambil risiko penyakit jantung yang diakibatkan oleh hipertensi.


5. Masalah pernapasan
Orang-orang yang rentan terhadap penyakit pernapasan seperti asma, akan mendapatkan kesulitan yang lebih dan lebih, ketika mereka marah. Kemarahan mungkin menyebabkan serangan asma, membuat Anda terengah-engah.

Demikian 5 Dampak yang diakibatkan oleh emosi yang tak terkendali, semoga kita bisa mengendalikan emosi sehingga tidak mendapatkan 5 dampak negatif tersebut.