5 Penyebab Imunitas Menurun

5 Penyebab Imunitas Menurun-Sistem kekebalan tubuh merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membantu kita mencegah bakteri, virus atau jamur dapat menyebabkan penyakit serius di dalam tubuh untuk memulai serangan apapun. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap dalam kondisi terbaik. Selain mengadopsi gaya hidup sehat, kita harus menghindari hal-hal yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Apa itu?berikut adalah beberapa hal yang dapat menurunkan imunitas:

1. Polusi udara
Polusi udara telah terbukti membahayakan paru-paru dan sistem kekebalan tubuh kita. Studi terbaru menunjukkan bahwa polusi udara dapat menekan sistem kekebalan yang dikenal sebagai sel T, dimana jika hal ini terjadi, komponen dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh.

5 Penyebab Imunitas Menurun


2. Duduk terlalu lama
Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk di kursi untuk jangka waktu yang panjang, maka itu juga bisa berdampak buruk bagi daya tahan tubuh Anda. Duduk terlalu lama dapat memperlambat tubuh, sehingga penyerapan nutrisi mengurangi proses metabolisme.

3. Kurang tidur
Mendapatkan porsi  tidur sangat penting. Jika Anda kurang tidur dan tubuh tidak dapat menghasilkan cukup melatonin, sistem kekebalan tubuh tidak memproduksi sel darah putih yang cukup juga, sehingga tidak dapat membantu melawan infeksi.

4. Makan terlalu banyak daging
Makan terlalu banyak daging dapat membuat tubuh Anda memproduksi terlalu banyak hormon IGF-1, dapat memicu proses penuaan dan menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga : 8 Makanan Peningkat Kecerdasan Otak

5. Stres berkepanjangan
Tekanan yang dihadapi waktu yang sangat lama dapat meningkatkan kadar kortisol dapat mengurangi tingkat testosteron dan estrogen. Ketidakseimbangan hormon ini dapat mengurangi kinerja sistem kekebalan tubuh Anda.

Demikian 5 hal yang dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun, semoga dengan menghindari 5 hal tersebut sistem kekebalan tubuh terjaga dengan baik.