7 Cara Mencegah Osteoporosis

7 Cara Mencegah Osteoporosis-Meningkatnya usia orang, akan lebih rentan terhadap risiko osteoporosis. Apalagi bagi seorang wanita ketika memasuki menopause sering mempengaruhi osteoporosis. Ada berbagai alasan untuk osteoporosis, tetapi yang paling umum diketahui yaitu kekurangan kalsium. Namun, dalam rangka memenuhi kebutuhan kalsium saja tidak cukup untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu yang dapat mempengaruhi timbulnya osteoporosis, seperti obesitas atau kurang olahraga, beberapa hal.

Cara termudah untuk mencegah osteoporosis adalah dengan mengambil inisiatif untuk menjaga kebugaran tubuh. Adapun cara untuk mencegah tindakan-tindakan lain yang diterapkan sebagai berikut:

1. Cukupi kebutuhan kalsium
Salah satu alasan dari osteoporosis adalah kurangnya asupan kalsium. Wanita memiliki kecenderungan dengan mudah kehilangan kalsium dari tubuh mereka, sehingga mereka selalu diharapkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium melalui konsumsi susu, produk susu, bayam, brokoli, makanan laut, dan sebagainya.

7 Cara Mencegah Osteoporosis


2. Mengendalikan  berat badan
Obesitas biasanya berhubungan dengan osteoporosis. Mengendalikan berat badan supaya tetap normal adalah bahwa Anda harus lakukan untuk membuat tulang Anda tidak akan menemukan terlalu banyak tekanan, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah osteoporosis

3. Jangan mengabaikan rasa sakit pada tulang
Osteoporosis terjadi karena kepadatan tulang berkurang, membuat tulang rusak atau hancur. Ini biasanya menyebabkan rasa sakit di tubuh, bahkan berakibat cacat. Jadi, jika Anda berpikir tentang sesuatu dalam nyeri tulang tubuh Anda dan lainnya yang aneh, segera periksa ke dokter.

4. Jangan lakukan diet ekstrim
Dengan diet yang sangat ekstrim, dapat menjadi salah satu hal terburuk bagi tubuh Anda untuk menurunkan berat badan. Risiko dari diet ekstrim yaitu anda kehilangan nutrisi penting untuk tubuh, salah satunya adalah kalsium.

5. Berolahraga secara teratur
Olahraga teratur dapat melindungi kesehatan tulang Anda. Tak perlu olahraga yang berat, cukup dengan melakukan olahraga yang ringan dan yang terpenting dilakukan secara rutin dan teratur.

6. Memenuhi kebutuhan vitamin D
Tanpa vitamin D, tubuh Anda tidak bisa mendapat kalsium dengan baik. Oleh karena itu, dengan mengambil suplemen atau dengan terkena sinar matahari beberapa menit untuk melengkapi persyaratan untuk mendapatkan vitamin D disetiap pagi.


7. Konsumsi suplemen kalsium pascamenopause
Setelah menopause, estrogen pada wanita akan sangat berkurang. Jadi, tak lama setelah berhentinya menstruasi untuk mendorong kalsium yang ada dalam tulang wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium.

Demikian 7 Cara mencegah Osteoporosis, semoga dengan memperhatikan 7 hal tersebut kita semua terhindar dari osteoporosis yang dapat menggangu aktifitas sehari-hari.