5 Bahan Alami Pereda Luka Bakar Ringan

5 Bahan Alami Pereda Luka Bakar-Setiap orang pasti tidak berharap terkena luka bakar, tetapi luka bakar dapat terjadi setiap saat dan di mana saja,. Luka bakar yang parah dan serius harus segera dibawa ke rumah sakit. Namun, jika Anda telah mengalami luka bakar yang relatif ringan, Anda dapat melakukan perawatan diri  melalui penggunaan bahan-bahan alami.

Berikut adalah beberapa jenis bahan yang bisa digunakan, ketika terkena luka bakar ringan:

1. Aloe vera (lidah buaya)
Aloe vera (lidah buaya) dapat meringankan luka bakar ringan yang sudah dilakukan pengujian sebagai bahan alami. Aloe vera (lidah buaya) tidak hanya memberikan efek pendinginan, tetapi juga dapat mempercepat pemulihan kulit yang terluka. Dalam proses ini, memotong lidah buaya di tengah, dan kemudian menggunakan gel pada kulit yang  terkena luka bakar. Ulangi sampai luka bakar kering.

5 Bahan Alami Pereda Luka Bakar Ringan


2. Madu
Madu bisa digunakan sebagai penyembuhan alternatif ketika terkena luka bakar ringan, karena didalam madu terdapat zat antiseptik yang berpotensial untuk menyembuhkan dan meringankan rasa sakit akibat luka bakar. Dalam luka bakar yang diolesi madu dapat membantu meringankan kulit yang terbakar dan mengurangi bekas luka pembakaran di kemudian hari.

3. cuka
Cuka juga digunakan untuk mengobati luka bakar ringan. Caranya adalah dengan menuangkan cuka pada kain, kemudian dikompreskan pada yang terkena luka bakar. Gunakan ketika rasa sakit meningkat dengan penggunaan cuka masih segar sampai luka bakar kering.

4. Kulit pisang 
Kulit pisang ada  bukan tanpa manfaat. Kulit pisang dapat meringankan rasa sakit akibat luka bakar ringan. Para ahli menyarankan menggunakan kulit pisang untuk menempatkan pada luka akibat luka bakar ringan, sampai luka menjadi hitam.

5. Minyak Lavender
Minyak lavender dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat luka bakar ringan. Pencampuran minyak lavender dan lidah buaya, dan kemudian mengolesi pada luka bakar. Untuk melakukannya, sampai rasa sakit berkurang. Selain minyak lavender, minyak zaitun juga dikenal untuk mengurangi rasa sakit dari luka bakar, dan membantu mempercepat penyembuhan.


Demikian 5 bahan alami yang digunakan untuk meringankan luka bakar ringan, pertolongan pertama untuk luka bakar ringan bisa menggunakan bahan tersebut. Bahan-bahan alami yang tersedia, dan dapat digunakan langsung, ketika Anda menderita luka bakar ringan. Namun, jika Anda tidak tahu, Anda harus segera menemui dokter atau rumah sakit untuk dilakukan pengobatan yang lebih optimal.