5 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan-Pada musim hujan seperti sekarang, akan banyak penyakit yang disebabkan karena musim hujan karena mikroorganisme berkembang biak dengan cepat. Apalagi jika hujan menyebabkan banjir. Kondisi sanitasi yang buruk dapat mempercepat penyebaran mikroba dan transmisi penyakit. Dalam hal ini, tubuh Anda menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Sistem kekebalan tubuh, seperti dinding pertama melawan mikroorganisme patogen yang dapat menyebabkan seseorang sakit. Namun, lonjakan jumlah mikroba membuat sistem kekebalan tubuh yang biasanya mampu menahan menjadi kewalahan. 

Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan di musim hujan :

1. Herbal alami yang dapat dimakan
Makanan herbal dapat membantu menjaga sistem imun, seperti bawang putih, jahe, atau ginseng  berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat bekerja. Herbal alami, dapat menghangatkan tubuh terhadap cuaca dingin seperti musim hujan, tetapi juga dampaknya dapat mencegah tubuh dari penyakit.

cara menjaga kesehatan di musim hujan


2. Tidur yang cukup
Bagaimanapun kesehatan sangat penting, banyak penelitian bahwa tidur yang cukup itu mampu menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Hanya untuk memenuhi kebutuhan tidur yang memadai, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat. Ketika tidur, tubuh tidak hanya beristirahat, tetapi juga untuk sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efisien.

3. Makan yang teratur
Makanan merupakan faktor penting dalam menentukan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Sehingga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, sering makan tiga kali sehari dengan jumlah yang tepat. Juga mencatat bahwa makanan yang Anda konsumsi memiliki gizi yang cukup. Juga, pastikan tubuh Anda memenuhi vitamin yang memadai. Hal ini karena, vitamin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin praktis, mengkonsumsi beberapa suplemen vitamin.

4. Cuci tangan Anda
Penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme bisa dimana saja, termasuk tangan. Untuk menghindari transfer dari tangan organisme yang berbahaya, maka kami mendorong Anda untuk mencuci tangan Anda lebih sering. Pastikan Anda benar mencuci tangan Anda, yang digosok ke tangan seluruh permukaan jari, sampai sekitar 20 detik dengan sabun.


5. Olahraga
Olahraga teratur sangat penting, fisik yang sehat dan kuat membantu aktivitas mencegah berbagai penyakit. Ini benar-benar wajar karena olahraga telah membuktikan bahwa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Olahraga teratur tidak memerlukan sesuatu yang berat, hanya dengan bersepeda, jogging atau jalan cepat. Untuk waktu yang lama itu tidak perlu, hanya 30 menit, tetapi sering setidaknya lima kali sehari atau seminggu.

Demikian menjaga kesehatan di musim hujan semoga dengan 5 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan dapat menjaga kesehatan tubuh anda tetap sehat dan bugar sehingga dapat menjalankan segala aktifitas tanpa terhalang karena sistem imunitas menurun.