6 Manfaat Berkeringat Bagi Tubuh

Manfaat Berkeringat Bagi Tubuh-Berkeringat sudah menjadi sesuatu yang wajar setelah menjalani aktivitas yang membutuhkan tenaga. Beberapa orang senang apabila berkeringat tetapi ada juga yang sulit untuk berkeringat. Keringat memainkan peran besar dalam hidup kita. Sementara beberapa orang berpikir bahwa keringat adalah setara dengan bau dan  kotor, tapi sedikit berkeringat itu sendiri dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat berkeringat yang perlu anda ketahui:

1. Membantu Mengobati Penyakit
Pernah bertanya-tanya mengapa sulit berkeringat ketika demam? Berkeringat adalah sistem kekebalan tubuh untuk melawan  penyakit. Tidak hanya membantu menjaga berat badan, keringat juga berguna bila Anda memiliki demam. "Kegiatan metabolik meningkat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Jadi, ketika Anda mengalami demam, berkeringat adalah usaha tubuh untuk menyembuhkan cara mereka sendiri," kata Christian Nix, MA, L.Ac, seorang dokter pengobatan Cina dan ahli akupuntur berlisensi.

Manfaat Berkeringat Bagi Tubuh


2. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Dingin
Berkeringat untuk mengatur suhu tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh ketika olahraga atau melakukan pekerjaan yang berat. Berkeringat adalah proses pendinginan alami tubuh yang sangat penting. Tidak berkeringat bisa mengancam nyawa. "Ada kondisi yang disebut ectodermal dysplasia dimana kondisi tersebut buruk karena membuat orang tidak berkeringat," Joel Schlesinger, dermatologists mengatakan. Orang seperti itu tidak dapat berpartisipasi dalam olahraga karena suhu tubuh mereka yang panas ketika latihan yang intens, yang memiliki dampak negatif pada jantung dan fungsi tubuh lainnya. 

3. Menjadikan wajah Lebih Bersih
Berkeringat membantu untuk mengurangi timbulnya komedo. Hal ini karena ketika keringat, pori-pori Anda terbuka, yang dapat membantu mengurangi jerawat. Namun perlu diingat, adalah membiarkan keringat kering di wajah Anda yang terlalu lama menghasilkan efek sebaliknya. Dengan demikian, setelah berkeringat beberapa saat kemudian cucilah wajah anda.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Ketika Anda berkeringat, detak jantung Anda akan lebih cepat, meningkatkan sirkulasi darah, terutama di kulit, kata Carla Rogers, dari editor biomedis Britannica. "dasar lapisan dalam kulit sangat dekat dengan pembuluh darah kecil dari setiap keringat," katanya. Keringat dapat memperbaiki kulit, yang membantu merangsang aliran darah dalam sistem peredaran darah Anda. "Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah melalui keringat," kata Rogers,

5. Melawan Infeksi
Dokter mengatakan, berkeringat dapat membelokkan methicillin-resistant Staphylococcus aureus, dikenal sebagai MRSA, bakteri berbahaya yang bertanggung jawab untuk infeksi yang sulit diobati. "keringat telah ditunjukkan untuk  melawan bakteri berbahaya dan jamur pada kulit memainkan peran yang sangat penting," Adam Friedman, MD, faad dari dokter dermatologi di pusat tersebut. Hal ini karena keringat mengandung nitrit, yang mencapai permukaan kulit setelah gas yang kuat akan dikonversi menjadi oksida nitrat, memiliki antibakteri spektrum karakteristik dan antijamur. "Keringat juga mengandung peptida antibiotik atau antimikroba alami yang disebut DermIcidin, dapat membunuh MRSA dan bakteri berbahaya lainnya pada permukaan kulit," kata Friedman.


6. Berkeringat dapat membersihkan racun berbahaya
Berkeringat dapat membantu Anda menghilangkan racun secara alami. "Penelitian telah menunjukkan keringat yang berisi berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam beracun seperti kadmium, aluminium, dan mangan. Ini adalah alasan utama, berkeringat dianggap detoksifikasi (netralisasi zat beracun). "kata Rogers. Di kulit manusia 2 juta-5j uta kelenjar keringat dapat memainkan peran penting dalam penghapusan banyak zat beracun dalam tubuh.

Demikian Manfaat Berkeringat Bagi Tubuh Semoga dengan mengetahui manfaat berkeringat kia tidak perlu malu maupun tidak suka dengan orang yang berkeringat. Bagaimanapun juga berkeringat sangat penting bagi kesehatan tubuh.