7 Penyakit yang Sering Dialami Ketika Tua

7 Penyakit yang Sering Dialami Ketika Tua-Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat sampai tua. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa usia berpengaruh terhadap kesehatan seseorang, dan terlalu banyak masalah kesehatan yang menyerang tubuh dengan bertambahnya usia. Fungsi organ tubuh, tentu tidak sebaik ketika ia masih muda, sehingga pada akhirnya akan datang dalam berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Berikut adalah beberapa penyakit yang sering timbul pada usia senja:

1. Penyakit prostat
Kebanyakan apabila memasuki usia senja beberapa orang mengalami masalah dengan prostat. Bila Anda memiliki masalah prostat, maka secara otomatis akan juga berpengaruh terhadap urin Anda. Penyakit prostat adalah salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh usia lanjut, terutama pada pria. Namun, wanita juga dapat berisiko, karena otot-otot panggul mereka juga menurun.

7 Penyakit yang Sering Dialami Ketika Tua


2. Osteoporosis
Yang mengalami masalah kesehatan yang paling umum dari orang tua adalah osteoporosis. Osteoporosis terjadi karena tulang menjadi rapuh atau karena kepadatan tulang berkurang. Osteoporosis lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Maka dari itu sangat penting untuk mencegah osteoporosis dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kalsium.

3. Penglihatan berkurang
Penglihatan ini berpengaruh ketika masih mudanya apakah sangat memperhatikan kesehatan matanya. Bahkan karena tidak memperhatikan kesehatan mata belum sampai usia senja pun penglihatan sudah terganggu. Kehilangan penglihatan umum pada usia lanjut. Hal ini biasanya mempengaruhi orang berusia lebih dari 50 tahun.

4. Gangguan Pendengaran
Gangguan pendengaran pada orang tua, bentuk yang paling umum adalah presbikus. Bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran, karena biasanya membutuhkan alat bantu dengar.

5. Glukoma
Glukoma adalah juga salah satu masalah kesehatan yang berhubungan dengan penglihatan. Glukoma dapat merusak saraf mata optik.

6. Penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer sering dikaitkan dengan masalah kesehatan mental. Masalah kesehatan mental sangat serius, hal itu akan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir dan mengingat


7. Penurunan fungsi kognitif
Memori sering menurun ketika seseorang jatuh ke usia tua, dan dengan penurunan terkait dalam fungsi kognitif. Jika seseorang bertemu situasi ini, secara umum, ketika ia bertemu kebingungan akan melakukan sesuatu tentang hal itu.

demikian adalah 7 masalah kesehatan yang sering dialami ketika memasuki usia senja. Oleh karena itu, menjaga kesehatan fisik dan mental adalah sangat penting. Anda dapat mengadopsi gaya hidup sehat, sehingga dapat mencegah beberapa penyakit seperti diatas, dan berkonsultasi dengan dokter segera jika Anda mengalami masalah ini.