5 Dampak Olahraga Berlebihan bagi Tubuh

Dampak Olahraga Berlebihan-Olahraga secara teratur membantu menjaga kebugaran dan kesehatan. Namun, jika Anda melakukan terlalu banyak, maka itu akan menjadi sebaliknya yang akan mempengaruhi kesehatan anda. Untuk membuat olahraga menjadi sehat dan berdampak baik bagi tubuh dan tidak memerlukan olahraga yang berlebihan. Tiga puluh menit seminggu dianggap cukup untuk mempertahankan kebugaran fisik dan kesehatan.
Olahraga berlebihan bisa menjadi kontraproduktif, kesehatan Anda secara keseluruhan, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko cedera dan penyakit. Ada beberapa dampak olahraga berlebihan yang mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh anda:

1. Nyeri otot 
Apabila anda merasakan nyeri otot setelah berolahraga maka bisa jadi olahraga yang anda lakukan berlebihan. Sebaiknya lakukan istirahat, peregangan maupun dengan pijatan ringan untuk menyembuhkan nyeri otot. Apabila dengan hal tersebut belum sembuh gunakan obat pereda nyeri otot.


 Dampak Olahraga Berlebihan
2. Mudah lelah
Olahraga yang bertujuan untuk mendapatkan kebugaran tubuh malah akan membuat tubuh mudah lelah, dikarenakan melakukan olahraga yang berlebihan akan membuat tubuh Anda merasa lelah, seolah-olah tenaga cepat terkuras. Jika Anda ingin pergi tidur langsung setelah berolahraga, ini mungkin olahraga yang anda lakukan berlebihan.

3. Mudah terserang penyakit
Olahraga berlebihan juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga sulit untuk mencegah virus, yang pada gilirannya mengundang penyakit, seperti salah satunya adalah kedatangan flu.

4. Peningkatan denyut jantung
Olahraga berlebihan akan membuat detak jantung Anda dari tingkat normal meningkat. Jika Anda merasa jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya, ini mungkin olahraga yang anda lakukan berlebihan sehingga tubuh Anda membutuhkan banyak istirahat.


5. Kaki terasa berat
Olahraga berlebihan dari biasanya, membuat langkah kaki terasa berat, itu pertanda bahwa kaki membutuhkan istirahat. Untuk mempercepat pemulihan, Anda dapat melakukan sedikit peregangan, atau dengan melakukan pijatan ringan.

Demikian adalah 5 dampak olahraga berlebihan. Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga, Anda tidak perlu melakukan terlalu keras, waktu yang sangat lama. Cukup sedikit setiap hari, yang paling penting adalah teratur, maka sangat bermanfaat untuk kesehatan.