5 Makanan Berserat yang Disukai Anak-Anak

5 Makanan Berserat yang Disukai Anak-Anak-Serat memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh, begitu pentingnya serat bagi tubuh banyak sekali suplemen yang mengandung banyak serat. Serat makanan adalah salah satu nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga memerlukan kebutuhan terhadap asupan serat. Masalahnya adalah bahwa kebanyakan anak kurang asupan serat yang cukup. Hal ini cukup beralasan, karena sebagian besar serat hadir dalam buah-buahan dan sayuran, dan anak-anak sering enggan untuk mengkonsumsi kedua jenis makanan ini.

Namun, anda sebagai orangtua tidak perlu khawatir tentang ketikdaksukaan anak terhadap serat, untuk memenuhi asupan serat dari anak-anak. Ada banyak makanan lain yang kaya serat yang bisa dijadikan alternatif, kemungkinan akan disukai oleh anak-anak. Apa itu? Berikut ini ulasannya:

1. Jagung
Satu sendok makan jagung mengandung sekitar dua gram serat. Jagung merupakan salah satu makanan yang berserat yang bisa dijadikan campuran dalam sayur maupun makanan. Jadi, cobalah untuk membuat makanan lezat dari jagung untuk memenuhi kebutuhan serat anak anda. Seperti sop jagung ataupun telur dadar yang dicampur dengan biji jagung.

5 Makanan Berserat yang Disukai Anak-Anak

2. Kacang
kacang adalah salah satu makanan yang mengandung serat. Kebanyakan anak lebih suka makan kacang dalam bentuk makanan ringan. Kalau tidak bisa membuat sayur atau olahan makanan yang mengandung kacang-kacangan.

3. Alpukat
Buah alpukat mengandung 3 gram serat dalam setiap porsinya, dimana jumlah yang cukup untuk membuat anak anda sehat. Jus buah alpukat dalam bentuk yang paling mungkin untuk dikonsumsi oleh anak anda, karena pasti anak akan lebih suka minum jus buah.

4. Pasta
Pasta penuh serat makanan. Pasta ini tidak sulit untuk memiliki berbagai menu olahan makanan. Cobalah untuk melihat resep-resep dan menentukan menu apa, kira-kira yang menarik perhatian bagi anak anda.


5. Roti
Roti adalah jenis makanan yang disukai anak kecil. Tapi memilih roti gandum yang kaya serat daripada roti putih terbuat dari tepung. Roti gandum mengandung serat, yang cukup untuk meningkatkan jumlah asupan harian anak Anda dari serat. Tambahkan bahan lain krim atau bahan lain supaya anak lebih tertarik.

Demikian 5 makanan berserat yang bisa dijadikan alternatif bagi anak anda supaya lebih suka mengkonsumsi makanan berserat.