Ini Alasan Mengapa Mengantuk Dimalam Hari

Mengantuk pada intinya yaitu tanda alami yang dikirimkan oleh otak pada badan kita jika beberapa sel otak telah mulai capek serta perlu istirahat. 
Kenapa otak perlu istirahat? dalam kurun saat 24 jam, biasanya manusia membutuhkan saat istirahat (tidur) sepanjang 7 sampai 8 jam. Bila kurang dari itu, badan bakal merasa lemas serta susah berkonsentrasi. Sel otak yang sudah bekerja sepanjang hari bakal alami kekurangan oksigen serta jadi capek. Oksigen begitu dibutuhkan oleh sel otak untuk tetaplah memperoleh cukup daya untuk bekerja. Nah, jika otak mulai kekurangan oksigen, produktivitasnya bakal terganggu serta butuh istirahat (tidur) untuk memulihkan diri.


Untuk dapat beristirahat, otak yang kelelahan itu bakal kirim tanda ke semua badan kita lewat perasaan mengantuk serta menginginkan tidur. Jika dipaksakan malah bakal jadi bahaya. Pikirkan saja, otak yang telah lelah bekerja sepanjang hari dipaksakan untuk tetaplah bekerja dengan supply oksigen sebagai sumber tenaga yang minim. Pernah dengar cuplikan kalau kita semakin lebih cepat mati akibat kurang tidur dibanding kekurangan makan? Hal semacam itu benar ada, sebab tak ada obat untuk sel otak yang kelelahan terkecuali tidur yang cukup. Jadi, untuk meyakinkan otak kita memperoleh cukup oksigen serta tetaplah dapat bekerja dengan baik sampai umur tua, yakinkan anda memperoleh istirahat yang cukup ya. 

Untuk saat istirahat sendiri, sesungguhnya sih tak mesti malam hari. Badan kita mempunyai mekanisme sendiri yang kita sebut sebagai jam biologis. Yakni pencatatan automatis kapan kita butuh tidur, kapan badan lakukan pembuangan zat beracun dsb. Hal itu di pengaruhi oleh rutinitas serta gaya hidup seorang. Untuk beberapa orang yang telah punya kebiasaan bekerja saat malam hari, sudah pasti jam biologisnya berbeda dengan kita yang punya kebiasaan bekerja pada siang hari. Namun masih tetap terdapat banyak keunggulan beristirahat saat malam hari, seperti yang pernah kami catat di artikel terdahulu. 

Tetapi berharap waspada juga, terus-terusan mengantuk, terlebih bila kita sudah memperoleh jumlah tidur yang cukup dapat pula adalah tanda-tanda sebagian penyakit seperti anemia (kekurangan darah), diabetes melitus atau masalah tidur lain. Jadi bila anda alami perasaan pengantuk yang terus-terusan serta merasa tak lumrah, tak ada kelirunya untuk menghubungi dokter secepat-cepatnya.