4 Cara Menghindari Mata Lelah

Tak perlu waktu lama untuk merasakan gejala ini karena 2 jam menatap layar akan membuat kamu mengalami hal tersebut. Apalagi kamu tak hanya sekadar menatap layar komputer, tetapi juga, smartphone, dan televisi. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengurangi ketidaknyamanan dan risiko di atas akibat menatap layar seharian. Berikut ini, seperti dikutip dari Business Insider, ada 4 cara untuk menghindari mata lelah:

1. Perbesar Huruf Text
Menatap layar ponsel dengan huruf teks yang sangat kecil akan mendorong kamu untuk menyipitkan mata. Kamu cenderung mendekatkan wajah ke layar agar teks yang kamu baca terlihat lebih jelas. Hal ini justru akan membuatmu lelah dan pusing. Untuk itu, kamu disarankan untuk memperbesar huruf teks pada ponsel sehingga membaca akan lebih nyaman.


2. Kedipkan Mata
Terkadang saat kita sedang menatap layar, kita lupa untuk berkedip--yang mana akan membuat mata kering. Hal ini memang acap kali dilupakan. Namun, kamu harus tetap ingat untuk berkedip. Alternatif lain, kamu dapat menggunakan cairan tetes untuk membuat mata kamu tidak kering.

3. Cerahkan Layar
Layar yang terlalu silau tidak baik untuk mata karena dapat menyebabkan sakit kepala. Biasakan lah kamu mengurangi tingkat kecerahan layar saat menggunakan komputer atau smartphone di malam hari.

4. Tips 20-20-20
Gunakan cara ini untuk menyegarkan mata kamu sejenak: setelah 20 menit bekerja, gunakan 20 detik untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) dari tempat kamu duduk atau berdiri.