7 Festival Adat Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara

Festival adat yang diadakan di beberapa kota di seluruh Indonesia sudah terkenal hingga mancanegara. Sudah pada tahu kan kalau Indonesia itu kaya akan suku, bahasa, budaya dan adat-istiadat? Nah, bangga gak kamu jadi seorang Warga Negara Indonesia?

Wajib bangga loh karena Indonesia punya banyak banget hal-hal yang tidak dimiliki oleh negara lain sekaligus bikin iri warga negara asing. Salah satunya adalah festival budayanya. Indonesia punya banyak sekali festival budaya bertaraf Internasional yang bahkan wisatawan asing hingga fotografer terkenal dunia pun rela datang jauh-jauh ke Indonesia buat nonton festival budaya ini.

1.Festival Budaya Nias, Nias Selatan
pasti tahu deh ilustrasi uang pecahan 1000,- yang bergambar Lompat Batu. Yap, Lompat Batu merupakan tradisi masyarakat Kepulauan Nias dan sampai sekarang tradisi masih dilakukan. Kamu masih bisa menyaksikan betapa kerennya tradisi Lompat Batu di Festival adat Nias yang diadakan di Desa Bawomataluo, Nias Selatan.


2. Festival Lembah Baliem, Papua
Ini adalah festival adat perang antarsuku yang melibatkan tiga suku di Papua: Dani, Lani dan Yani. Walaupun disebut festival tapi ini melibatkan senjata sungguhan dan ada skenario perang juga loh seperti penculikan warga suku dan pembalasan dendam. Di sini kamu bisa melihat secara langsung suku pedalaman Papua lengkap dengan pakaian khas suku tersebut. Asli keren banget.

 Festival Lembah Baliem
 Festival Lembah Baliem


3. Festival Budaya Dieng, Dieng
Dieng, negeri di atas awan ini punya festival adat yang setiap tahunnya selalu penuh oleh wisatawan domestik mamupun mancanegara. Yang menjadi daya tarik utama ini adalah pemotongan rambut anak gimbal (gembel) yang konon merupakan dipercaya keturunan dewa dan tidak boleh sembarangan dipotong. Selain itu acara jazz di atas awan dan penerbangan lampion bikin festival budaya Dieng ini romantis banget.

 Festival Budaya Dieng
 Festival Budaya Dieng


4. Festival Karapan Sapi, Madura
Festival adat ini merupakan salah satu ciri khas dari Madura dan bagi masyarakat Madura sendiri ini merupakan ajang bergengsi untuk memamerkan kekuatan sapi mereka. Pemenang Karapan ini akan dihadiahi uang ratusan juta rupiah jadi masyarakat Madura juga tidak mau ketinggalan menjadi bagian dari festival ini.

Festival Karapan Sapi
Festival Karapan Sapi


5. Karnaval Busana Jember, Jember
Lebih dikenal sebagai Jember Fashion Carnaval – ini merupakan karnaval busana pertama di Indonesia. Di sini kamu bisa melihat peragaan busana yang sangat unik karena selain keunikan busananya, karnaval ini diadakan sepanjang jalan utama Jember.

Festival Busana Jember
Festival Busana Jember


6. Festival Cap Go Meh, Singkawang
Bukan hanya kebudayaan asli Indonesia saja yang menarik untuk disaksikan tetapi juga kebudayaan asing yang telah diserap dan menjadi suatu budaya baru asli Indonesia. Hal ini bisa kamu lihat pada festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan yang kental akan budaya Tionghoa-nya. Di sini kamu bisa menyaksikan parade kolosal kebudayaan Cina yang berpadu dengan kebudayaan asli Kalimantan juga ratusan patung yang diarak selama parade berlangsung.

Festival Cap Go Meh
Festival Cap Go Meh


7. Rambu Solo, Tana Toraja.
Ini merupakan upacara kematian tradisi masyarakat Toraja dan menjadi salah satu upacara kematian termahal di dunia. Dikatakan termahal karena untuk melakukan upacara ini bisa menghabiskan biaya ratusan juta hingga milyaran rupiah karena pengorbanan yang harus dilakukan keluarga dari yang ditinggalkan. Ratusan kerbau akan ditebas selama upacara ini berlangsung dan jenazah akan dibawa ke atas tebing untuk dikuburkan.

Festival Cap Go Meh
Festival Cap Go Meh