Manfaat dan Cara Melakukan Senam Jantung Sehat

Senam jantung ditujukan untuk menjaga kesehatan jantung dan sudah cukup populer di Indonesia. Sampai dikala ini, senam ini sudah dibuat dalam beberapa seri dengan gerakan yang mudah ditiru dan musik yang asyik.

Senam jantung sehat yaitu olah raga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, biar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh. Senam jantung sehat bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat, membuat kerja jantung menjadi optimal, karena kedua organ tersebut bekerja saling berhubungan.

Di Indonesia, senam jantung sehat cukup populer. Bahkan senam jantung sudah dibuat hingga beberapa seri dan cocok digunakan oleh semua orang. Durasi senam jantung sehat berkisar 30 menit. Didahului oleh pemanasan, tahap conditioning, dan diakhiri pendinginan. Pemanasan (warm up) yaitu mengkondisikan fungsi fisik dengan cara meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan mobilitas gerak persendian dan penguluran otot, biar siap mendapatkan pembebanan pada tahap conditioning. Tahap conditioning terdiri dari bab aerobik yakni gerak kontinyu ritmis (20 - 30 menit) dan bab penguatan atau tahanan: berisi gerak melawan beban. Pendinginan (cooldown) mengembalikan fungsi fisik menyerupai keadaan awal secara bertahap yg ditandai dengan menurunnya suhu, berkurangnya keringat, frekuensi detak jantung kembali normal.

Senam

Manfaat senam jantung

Senam jantung secara umum ditujukan untuk menjaga dan merawat kesehatan jantung. Untuk mencapai ini, senam jantung biasanya memiliki kegunaan untuk;

Pertama, melancarkan pemikiran darah

Fungsi utama senam jantung yaitu memperlancar pemikiran darah pada manusia. Fungsi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung alasannya yaitu bisa mencegah terjadinya penyakit stroke, jantung koroner, dan yang lainnya. Juga bisa membantu mengurangi penyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan oleh timbunan lemak dan kolesterol yang kini sudah menjadi momok karena gaya hidup yang tidak sehat.
 Senam jantung bermanfaat memperlancar pemikiran darah di seluruh badan dalam 24 jam. Apalagi dikala usia bertambah, performa jantung akan berkurang. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan jantung. Senam jantung berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Kedua, memperbaiki denyut nadi

Manfaat Senam Jantung Sehat Untuk Jantung yang pertama yaitu memperbaiki denyut nadi. Salah satu komponen yang amat penting untuk memperlihatkan kesehatan jantung yaitu denyut nadi. Untuk itu, senam jantung juga ditujukan untuk memperbaiki denyut nadi. Sehingga kesehatan jantung pun terjaga.
Salah satu komponen yang amat penting untuk memperlihatkan kesehatan jantung yaitu denyut nadi. Untuk itu, senam jantung juga ditujukan untuk memperbaiki denyut nadi. Sehingga kesehatan jantung pun terjaga.

ketiga, metabolisme berjalan baik

Ketika seseorang rutin berolahraga senam jantung sehat ini, kondisi fisiknya akan membaik dan metabolismenya pun bisa membaik. Ini logis, alasannya yaitu memang olahraga sangat baik buat badan dan keseluruhan organ. Sebagaimana diketahui, kalau cukup berolahraga maka badan akan memiliki daya tahan yang lebih baik dan tentu saja lebih sehat.
 Karena senam jantung memang dibuat khusus untuk membuat jantung sehat, maka gerakan-gerakannya pun dibuat untuk mendukung performa jantung. Gerakan senam jantung akan memacu jantung untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya supaya kebutuhan oksigen badan terpenuhi.

Durasi dan cara melaksanakan senam jantung

Senam jantung ini sudah ada beberapa seri menyerupai disebutkan sebelumnya. Durasinya biasanya yaitu 30 menit yang terdiri dari pemanasan, bab inti yang disebut conditioning, dan pendinginan. Tiga tahapan ini dijalankan pada masing-masing seri dan bisa Anda coba di rumah dengan musik senam jantung yang sudah bisa diunduh gratis. Yang terpenting yaitu tahapan yang ada dalam senam jantung tidak boleh terlewat, karena ketiganya memiliki tujuan tertentu. Tahap pemanasan misalnya, memiliki tujuan untuk membuat badan siap melaksanakan senam dengan salah satunya meningkatkan suhu badan sehingga bisa melaksanakan tahapan berikutnya yakni conditioning yang biasanya dilakukan selama 20 hingga 30 menit.

Conditioning ini membutuhkan badan yang siap karena memang menjadi senam inti dari serangkaian senam sehat jantung. Setelah dalam posisi pemanasan dan gerakan conditioning, Anda harus melaksanakan pendinginan untuk mengatur kembali posisi badan Anda dan mendinginkan kembali suhu badan Anda. Pada tahap terakhir ini biasanya juga terlihat frekuensi dari detak jantung yang kembali ke angka normal dan keringat juga mulai berkurang.

Komitmen dan pengawasan


Terkadang, tidak mudah untuk memiliki kesepakatan biar rutin melaksanakan senam jantung. Alasan yang sering dilontarkan yaitu pekerjaan sehari-hari yang sulit ditinggalkan. Padahal waktu 30 menit sesungguhnya tidaklah lama. Apalagi demi kesehatan diri sendiri.





Sebelum melaksanakan senam jantung ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter yang merawat. Terutama untuk orang yang sudah berumur dengan performa jantung yang biasanya memang melemah mengikuti pertambahan usia. Pengawasan dari orang yang andal di bidangnya diharapkan supaya senam ini tetap aman dan sehat.






Kemudian, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung dari awal, senam jantung sehat yang simpel ini juga bisa menjadi solusi.