9 Cara Unik & Sederhana Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

Memiliki gigi putih bersih tentu harapan setiap orang , alasannya ialah gigi yang putih pasti membuat senyuman lebih cantik dan ini berarti gigi yang lebih putih dan bersih memperindah penampilan bukan? Seperti dikutip dari survey yang dilakukan oleh ADA (American Dental Association) yang mengambarkan bahwa 87% responden mereka senang melihat orang lain tersenyum yang memiliki gigi yang putih bersih.

memutihkan gigi cara alami

Namun sayangnya gaya hidup yang buruk ibarat merokok , banyak minuman berkafein , jarang menjaga kebersihan verbal dan gigi menjadi faktor utama yang menimbulkan perubahan warna alami gigi. Warna gigi yang terlihat putih secara biologi merupakan warna dari lapisan transparan enamel gigi , warna lapisan dentin di dalamnya serta warna dari lapisan yang berada di antara enamel dan dentin. Nah berikut ialah beberapa faktor yang menimbulkan perubahan warna alami gigi:

  • Noda kecoklatan atau kekuningan alasannya ialah aktifitas merokok.
  • Minuman beralkohol , minuman berkafein , bersoda atau mengandung kadar gula tinggi.
  • Perubahan warna gigi alasannya ialah minuman yang terlalu panas / dingin.
  • Konsumsi makanan atau obat obatan tertentu.
  • Jarang membersihkan gigi sehingga noda , plak akan terakumulasi dan membentuk karang gigi
  • Genetik , Penyakit atau kondisi medis tertentu.

nah dari banyaknya faktor yang menimbulkan warna kuning , coklat atau warna lain selain warna putih alami pada gigi ada beberapa cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk memutihkan kembali warna putih alami dengan cara yang aman , sehat dan alami , dan berikut ialah beberapa tipsnya.

Menggunakan Siwak
Siwak atau miswak ialah dahan atau akar dari pohon yang berjulukan latin Salvadora persica yang terkenal dari zaman nenek moyang digunakan untuk membersihkan gigi , gusi dan mulut. Oleh alasannya ialah itu semua dahan atau akar pohon bisa digunakan untuk bersiwak kalau memenuhi persyaratannya , yaitu lembut , sehingga batang atau akar kayu yang keras tidak boleh digunakan untuk bersiwak alasannya ialah bisa merusak gusi dan email gigi; bisa membersihkan dan berserat serta bersifat berair , sehingga akar atau batang yang tidak ada seratnya tidak bisa digunakan untuk bersiwak; seratnya tersebut tidak berjatuhan saat digunakan untuk bersiwak sehingga bisa mengotori mulut.

Pada penggunaan siwak pertama kali , mungkin terasa pedas dan sedikit aben , alasannya ialah terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids.Kandungan kimia ibarat Klorida , Pottasium , Sodium Bicarbonate , Fluoride , Silika , Sulfur , Vitamin C , Trimethyl amine , Salvadorine , Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi , memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi.

Strawberry
Strawberry merupakan buah yang mengandung banyak sekali material yang menyehatkan untuk tubuh. Strawberry kaya akan proksimasi ibarat energi , protein , lemak , serat. Beberapa mineral ibarat kalsium , besi , magnesium , fosfor , kalium ,sodium , selenium dan banyak lagi vitamin dan asam amino.

Namun yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sekaligus bisa memutihkan gigi secara alami ialah kandungan vit C dan asam ellagic. cara menggunakannya bisa dengan cara dikonsumsi pribadi atau dihaluskan dan dicampur dengan baking soda lalu gunakan pada lapisan gigi. Diamkan 2 menit lalu berkumur menggunakan air hangat , lakukan perawatan ini 2 kali seminggu maka gigi anda akan kelihatan lebih putih alami.

Minyak kelapa
Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik , anti kuman dan jamur. Minyak kelapa murni memiliki lemak yang cukup unik dan kaya manfaat alasannya ialah keseluruhan lemak terbuat dari medium chain triglecerida. Oleskan minyak kelapa murni pada gigi secara merata lalu diamkan 5 menit. Ludahkan minyak kelapa dan berkumur menggunakan air bersih lalu gosok gigi ibarat biasa. Kandungan alami pada minyak kelapa membantu mengikis karang gigi , membersihkan plak dan memutihkan kembali warna alami gigi.

Lemon dan garam
Lemon kaya akan vitamin C , antioksidan dan antibakteri yang baik yang membantu membunuh kuman digigi dan membuatnya semakin putih. Garam merupakan eksofiliator alami yang membantu menghapus noda dan warna kotor pada gigi yang membandel. Campur 1 sendok teh garam dan 3 tetes perasan lemon. Gosokkan campuran tersebut pada lapisan gigi dan biarkan beberpa menit. Bilas dan berkumurlah dengan air hangat.

Baking soda
baking soda atau soda kudapan manis merupakan materi alami yang banyak digunakan dalam produk pasta gigi alasannya ialah manfaatnya yang luar biasa untuk membantu memutihkan gigi. Buat pasta menggunakan baking soda , oleskan pada gigi dan biarkan beberpa menit. Berkumurlah dengan air hangat dan lihat perbedaannya sebelum dan sesudah menggunakan ramuan ini. Baking soda juga bisa diaplikasikan dengan dicampur dengan jus lemon.

Kulit jeruk
Tidak hanya daging buahnya yang kaya akan Vitamin C yang berkhasiat untuk kesehatan badan secara umum , namun kulit buah ini juga kaya akan Vit C yang berkhasiat untuk membantu memutihkan warna alami pada gigi. Keringkan kulit jeruk dibawah sinar matahari pribadi lalu blender atau haluskan sampai menjadi bubuk. Campurkan abu kulit jeruk dengan air secukupnya dan oleskan pada gigi anda , diamkan beberpa menit lalu berkumur dengan air hangat.

Cuka sari apel
Cuka sari apel atau lebih dikenal dengan apple vinegar merupakan cuka yang terbuat dari sari buah apel yang difermentasi. Cuka jenis ini bisa memutihkan warna alami gigi alasannya ialah noda kafein pada kopi , nikotin alasannya ialah aktifitas merokok. Larutkan cuka sari apel dengan setengah gelas air mineral dan gunakan untuk berkumur. lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

Mengunyah beberapa jenis makanan segar
beberapa materi pangan ibarat sayuran dan buah buahan segar terbukti bisa membuat gigi lebih putih. Beberapa sayur dan buah yang dimaksud ialah apel , jeruk , strawberry , wortel , tomat dsb.

Arang kayu
Arang kayu mengandung senyawa karbon aktif yang membantu menyerap noda , mengikis noda pada enamel gigi. Tumbuklah arang kayu menjadi abu dan campurkan pada pasta gigi anda. gunakan untuk menggosok gigi anda ibarat biasa dan lihat perubahannya. Catatan jangan terlalu sering menggunakan arang gigi alasannya ialah bisa menimbulkan erosi pada enamel gigi.