Cara Membedakan Ciri - Ciri Lele Jantan & Betina

Mengetahui ciri lele jantan dan betina - Budidaya ikan lele masih memiliki peluang pasar yang terbuka lebar. Kesuksesan budidaya atau pemeliharaan lele tergantung banyak faktor mirip pemilihan indukan (bagi peternak lele yang ingin memijahkan sendiri) , pemilihan bibit yang baik dan berkualitas , pemeliharaan , kesehatan bak dan pemasaran hasil panen yaitu beberapa faktor yang mensugesti kesuksesan peternak lele.

Nah bagi anda pemula yang ingin merintis perjuangan pembibitan ikan lele tentu diharapkan pemahaman wacana bagaimana cara membedakan lele jantan dan betina untuk indukan. Sebenarnya dalam membedakan jantan betina pada induk lele bukanlah hal yang sulit. karena bekerjsama kita dapat membedakan dengan cara melihat alat kelamin lele yang memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Kebanyakan para pemula merasa kesulitan untuk membedakan induk lele jantan dan betina karena mereka tidak pribadi terjun kelapangan dan melihat pribadi bentuk fisik dan alat reproduksi pada lele. Nah kali ini tim Tips & cara akan mengembangkan sedikit tips wacana bagaimana cara membedakan lele jantan dan betina dengan mudah dan berikut penjelasannya.

tabel perbedaan ciri lele jantan betina

Ciri lele jantan & betina dari bentuk tubuhnya
Ikan lele jantan cenderung memiliki bentuk badan yang lebih langsing dibandingkan dengan bentuk badan ikan lele betina yang lebih pendek dan kelihatan gemuk. Biasanya bagi para pemula merupakan suatu hal yang sulit untuk membedakan melalui bentuk tubuhnya apabila tidak hanya menggunakan satu ekor saja. Untuk itu sebaiknya harus ada beberapa ekor ikan lele , semoga mampu bisa menjadi perbandingan.

beda bentuk lele jantan dan betina

Apabila dibandingkan dengan lele betina , ikan lele jantan memiliki kepala yang lebih kecil memanjang dari ikan lele betina. Lele betina cenderung memiliki bentuk kepala yang lebih besar dan pendek.

Juga apabila diperhatikan , ikan lele jantan memilikai warna kulit dada yang lebih gelap dibanding dengan lele betina. Kulit Pada induk lele jantan lebih Kasar sedangkan pada induk betina berkulit halus.

Ciri lele jantan & betina dari bentuk kelaminnya

perbedaan kelamin lele jantan dan betina

Ikan lele jantan memiliki bentuk kelamin (Urogenital papilla) yang cenderung memanjang atau menonjol kearah belakang , terletak pada episode bawah anus dan memiliki warna yang agak kemerahan. Sedangkan pada ikan lele betina memiliki bentuk kelamin (Urogenital papilla) serupa oval atau ibarat daun serta terdapat lubang yang agak lebar dan berwarna agak kemerahan atau merah pucat gelap.

Ciri lele jantan & betina dari gerakannya
Apabila dilihat dari gerakannya lele jantan cenderung lebih lincah dari lele betina , itu disebabkan karena bentuk badan ikan lele jantan lebih langsing dan juga bersifat lebih berangasan dari ikan lele betina.

Nah itulah sedikit penjelasan bagaimana cara membedakan lele jantan dan betina untuk pemula. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke web blog ini.