Tips & Cara Alami Aman Putihkan Kulit Wajah Secara Alami

Memiliki kulit wajah putih , bersih dan bersinar merupakan harapan banyak orang tidak peduli pria dan wanita. Kesehatan kulit wajah merupakan faktor utama penunjang penampilan seseorang , sehingga banyak orang mencoba banyak sekali cara untuk memutihkan kulit wajah. Bahkan untuk memutihkan kulit wajah ini terkadang cara berbahaya pun digunakan mirip operasi kulit , penggunaan materi bahan kimia , konsumsi obat obatan tertentu dan sebagainya. Mungkin cara cara itu dianggap aman tetapi akan terlihat efek sampingnya dalam jangka panjang.

Tips memutihkan kulit wajah

Padahal banyak materi bahan alami yang mudah kita temukan disekitar kita yang telah terbukti bisa memutihkan kulit wajah. Memang karenanya tidak akan instan mirip penggunaan produk produk kimia , namun materi bahan alami ini terbukti aman digunakan dalam jangka panjang , bahkan tidak hanya membuat kulit tampak lebih putih namun juga bisa meningkatkan kesehatan kulit sehingga kulit wajah akan tampak lebih lembab , kenyal , bersinar dan sehat. Memang beberapa produk perawatan kulit untuk membuat kulit lebih putih beberapa diantaranya aman digunakan , namun anda tetap harus jeli memilih produk pemutih kulit yang tepat:

Tips menjaga kulit wajah semoga tetap putih dan cerah

Untuk menjaga dan melaksanakan perawatan kulit yang lebih putih dan halus tentu tidak hanya dapat didapatkan dengan perawatan dari luar saja , nah berikut yaitu beberapa tips menjaga kulit tetap bersih dan sehat:

Berolahraga secara teratur
Tanpa kita sadari beberapa gaya hidup yang buruk mirip stres , konsumsi makanan tidak sehat , kurang menjaga kebersigan kulit berimbas pribadi terhadap kesehatan kulit. Kulit yang tidak sehat tentu akan membuat kulit tampak kusam , kering dan bersisik. Dengan berolahraga secara teratur hal itu akan menjaga kesehatan kulit anda semakin tampak sehat dan lembab secara alami.

Rajin membersihkan kulit wajah
Kebersihan kulit wajah yang tidak terjaga akan membuat kulit mudah berjerawat , kusam dan kelihatan kotor. Tentu hal ini akan membuat kulit tampak kotor dan tidak bersih. Teratur membersihkan kulit wajah mirip setelah bepergian , menghapus riasan , bangkit tidur dan menjelang tidur. Kunci dari kulit cerah yaitu perawatan rutin dan menjaga kebersihan wajah. Sel kulit mati yang menumpuk pada wajah dapat menyebabkan kulit terlihat kusam. Lakukan peeling 2 – 3 kali dalam seminggu untuk mengangkat sel kulit mati. Kulit wajah yang bebas sel kulit mati akan tampak lebih putih dan bersinar.

Gunakan pelembab & tabir surya
Pelembab akan menjadi pengganti pelembab alami yang kurang diproduksi pada kulit wajah. Pelembab akan melindungi kulit wajahmu dari kekeringan. Jangan lupakan juga untuk menggunakan tabir surya saat kau lebih banyak beraktifitas dibawah terik sinar matahari. Paparan sinar matahari pribadi dapat membahayakan kulit. Sinar ultraviolet dapat memicu terbentuknya melanin yang merupakan penyebab kulit menjadi gelap. Tidak hanya itu , sinar matahari diantara pukul 11 hingga pukul 2 siang juga dapat mengakibatkan persoalan kulit yang serius mirip kanker kulit. Selalu gunakan tabir surya atau sunblock saat beraktifitas di luar ruangan.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh
cairan badan yang selalu terjaga akan menghasilkan pelembap alami yang akan melindungi kulit wajahmu , sehingga kulitmu akan lebih tampak putih dan segar. Pastikan untuk selalu terhidrasi dengan cara penuhi konsumsi air putih minimal 8-9 gelas atau 1.5 L air putih /hari. Perlu anda ketahui bahwa air putih yaitu salah satu faktor yang dapat merawat kecantikan kulit. Rajin meminum air putih 8 gelas sehari dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam badan dan membuat kulit terlihat lebih sehat dan segar. Selain itu cairan dalam badan berguna untuk mengangkut lemak , toksin , material kimia dalam tubuhmu dan membuangnya melalui keringat dan air seni.

Cukupi kebutuhan untuk beristirahat & hindari stres
Kurang tidur terbukti akan membuat kulitmu tampak lebih gelap dan kusam. Tubuh memerlukan sedikitnya 7 – 8 jam sehari untuk beristirahat dan mengembalikan fungsinya secara maksimal. Hindari tidur terlalu malam atau begadang karena dapat mengacaukan sistem dalam badan yang berakibat pada kulit kusam. Selain itu faktor lainnya yaitu stres. Stres yaitu salah satu faktor penyebab kulit kusam. Jika anda terlalu sibuk bekerja tidak ada salahnya untuk sejenak melaksanakan refreshing dan melancarkan kembali peredaran darah anda. Peredaran darah yang lancar dapat membuat kulit terlihat lebih cerah berseri.

Memutihkan Kulit Wajah Dengan Bahan Alami

Anda juga bisa menggunakan bahan–bahan alami untuk merawat wajah. Karena cara ini merupakan salah satu solusi menerima kulit wajah yang putih dan cerah , dan jikalau digunakan secara sempurna dan rutin maka hasil yang diperoleh bisa memuaskan dan tentunya tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Berikut yaitu cara memutihkan wajah menggunakan bahan-bahan alami :

Kulit jeruk
Tahukah anda bahwa kulit jeruk mengandung lebih banyak Vitamin C daripada daging buahnya. Vitamin C yaitu antioksidan yang berperan penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C juga membantu kulit tampak lebih putih dan berseri. Vitamin C pada jeruk juga merupakan biro bleaching alami yang dapat menghilangkan kekusaman akhir terpapar sinar matahari.

  • Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari hingga benar benar kering
  • Haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubuk
  • Tambahkan air pada abu kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta
  • Oleskan pasta pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu

Lidah Buaya
Lidah buaya mengandung aloesin , suatu zat yang dapat menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Itulah mengapa pengecap buaya banyak ditemukan dalam produk – produk kecantikan.

  • Kupas kulit pengecap buaya dan pisahkan gelnya
  • Oleskan gel pengecap buaya pribadi pada kulit wajah
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan
  • Untuk menerima hasil yang maksimal lakukan perawatan ini dua kali sehari selama sebulan

Lemon
Vitamin C dan asam alpha hidroksi dalam lemon bisa menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Selain itu , lemon dikenal sebagai biro bleaching alami yang dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kekusaman terutama yang disebabkan oleh sinar matahari. Untuk menerima kulit wajah yang putih dan berseri , anda dapat menggunakan lemon dengan langkah-langkah berikut :

  • Peraslah air lemon pada sebuah wadah
  • Celupkan kapas pada air perasan lemon
  • Oleskan kapas yang telah dibasahi pada wajah
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas menggunakan air dingin

Madu
Madu yaitu pelembab dan antibiotik alami kulit yang sekaligus dapat mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati. Madu juga dapat menghilangkan bekas benjol dan tanda – tanda penuaan pada kulit.

  • Ambil satu sendok makan madu
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 – 15 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan perawatan ini setiap hari untuk menerima hasil yang maksimal

Ketimun
Ketimun memiliki banyak manfaat bagi kulit. Ketimun mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat digunakan untuk mengatasi kekusaman kulit. Ketimun juga dapat menghambat pigmentasi kulit , menghilangkan bekas benjol dan lingkar hitam disekitar wajah.

  • Iris ketimun dan letakkan irisan ketimun pribadi pada wajah
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan
  • Anda juga dapat membuat masker pencerah dari ketimun dengan memarut ketimun dan mencampurmya dengan madu
  • Oleskan masker merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan
  • Lakukan perawatan ini dua kali sehari untuk menerima hasil yang maksimal

Pepaya
Pepaya kaya akan enzim papain yang dapat membantu regenerasi kulit. Vitamin A , C , dan E yang merupakan antioksidan dalam buah pepaya juga bisa menutrisi dan melembabkan kulit. Pepaya merupakan tabir surya alami yang dapat menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pepaya dapat dikonsumsi secara pribadi untuk mencerahkan kulit atau dibuat menjadi masker dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian
  • Haluskan pepaya , lalu oleskan masker pada wajah
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Perawatan ini bisa dilakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

Cuka Apel
Banyak orang yang tidak tahan dengan aroma asam yang berpengaruh dari cuka apel. Tapi siapa sangka asam yang terkandung dalam apel dapat membantu regenerasi kulit yang gres dan mengikis sel kulit mati. Cuka apel juga dapat mengurangi minyak berlebih dan mengurangi peradangan pada kulit. Untuk mencerahkan kulit anda dapat membuat toner dari cuka apel dengan langka – langkah sebagai berikut :

  • Campurkan 5 ml cuka apel dengan 95 ml air
  • Celupkan kapas pada larutan tersebut
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu

Tomat
Tomat yang biasa kita temui di dapur ternyata berguna untuk mencerahkan kulit wajah dan dapat pula digunakan untuk menghilangkan jerawat. Lycopene , senyawa antioksidan yang terkandung dalam tomat terbukti dapat menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Lycopene juga dapat menutrisi kulit dan membuatnya cerah berseri. Untuk menerima manfaatnya , anda dapat membuat masker dari tomat dan mengaplikasikannya pada wajah secara langsung.

  • Haluskan tomat hingga menjadi bubur
  • Oleskan pribadi pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat kemudian keringkan

Kentang
Untuk urusan merawat dan memutihkan kulit wajah , anda bisa mengandalkan kentang. Antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan penting dalam menyamarkan flek/ bintik hitam yang menyebabkan kulit wajah terlihat kusam. Selain itu , kandungan lain yang terdapat pada kentang juga berperan sebagai pencerah wajah kusam yang diakibatkan oleh flek hitam maupun minyak berlebih.

  • Siapkan 1 buah kentang berukuran sedang , lalu kupas kulitnya
  • Rebus kentang hingga matang
  • Potong kentang kecil-kecil , lalu masukkan ke dalam wadah
  • Kemudian haluskan hingga mirip pasta
  • Tambahkan 1 sendok makan susu
  • Tambahkan minyak zaitun (opsional)
  • Aduk hingga tercampur rata , lalu aplikasikan pribadi pada wajah anda
  • Biarkan selama kurang lebih 15 menit , lalu bilas dengan air hangat

Masker Alpukat dan Madu
Alpukat mengandung banyak nutrisi yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Selain itu , alpukat juga bisa melembabkan dan menghaluskan kulit. Sementara madu yaitu materi alami lain yang sangat baik untuk kulit. Masker alpukat dan madu yaitu salah satu kombinasi yang sempurna untuk menerima kulit putih dan cerah mirip yang anda idam-idamkan.

  • Ambil daging alpukat menggunakan sendok , lalu masukkan ke wadah
  • Haluskan daging buah alpukat dan campur dengan satu sendok makan madu atau perasan lemon (opsional)
  • Oleskan merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan
  • Lakukan perawatan ini 2 – 3 kali dalam seminggu untuk menerima hasil yang maksimal

Susu
Seperti yang anda tahu bahwa susu mempunyai jutaan manfaat , tak terkecuali dalam bidang kecantikan. Vitamin D yang terkandung dalam susu berfungsi meningkatkan produksi kolagen dan menyamarkan kerutan pada wajah anda. Sementara vitamin B6 yang terkandung di dalam susu berperan merawat dan menjaga kulit wajah anda semoga tetap lembab dan sehat.

  • Tuangkan 2 sendok makan susu ke dalam wadah
  • Tambahkan 1 sendok makan madu , lalu aduk hingga tercampur rata
  • Oleskan ke seluruh wajah anda dan biarkan selama 10 menitan
  • Bilas dan keringkan wajah anda menggunakan handuk yang lembut dan bersih

Bengkoang
Bengkoang mengandung vitamin C dan B1 yang dapat membantu memutihkan dan mencerahkan kulit. Oleh alasannya yaitu itu , banyak produk pemutih kulit di pasaran yang menggunakan bengkoang sebagai materi utama.

  • Kupas kulit bengkoang dan basuh bersih
  • Parut atau haluskan bengkoang dengan cara diblender
  • Peras atau saring sarinya
  • Biarkan selama beberapa jam hingga terbentuk endapan
  • Gunakan endapan yang terbentuk sebagai masker dengan mengoleskannya pribadi pada wajah
  • Diamkan selama 15 menit atau hingga mengering
  • Bilas dengan air hirau taacuh dan keringkan
  • Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu

Beras
Asam ferulic dan allantoin yang terkandung dalam beras bisa melindungi kulit dari kerusakan sekaligus mencerahkannya. Ketika anda mencuci beras , jangan buang airnya. Tuang air beras pada sebuah wadah dan biarkan mengendap. Endapan yang terbentuk dari air cucian beras dapat digunakan sebagai masker wajah.

  • Campur 4 sendok makan beras dengan air hirau taacuh pada sebuah wadah
  • Kocok wadah tersebut hingga airnya berwarna putih
  • Celupkan kapas pada air beras tersebut
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 – 30 menit
  • Basuh wajah dengan air hirau taacuh dan keringkan


Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Teh hijau juga dapat mempercepat regenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati.

  • Rendam daun teh hijau dalam air panas selama 5 – 10 menit
  • Celupkan kapas pada larutan teh hijau dan oleskan pada wajah
  • Jika menggunakan teh celup , rendam kantong teh selama 3 – 5 menit
  • Tiriskan kantong teh dan pribadi gosokkan dengan lembut pada wajah