15 Manfaat Vitamin A Serta Fungsinya Bagi Kesehatan

Manfaat Vitamin A. Vitamin A ialah jenis vitamin yang larut dalam lemak dan air, mempunyai fungsi utama dalam hal menjaga daya penglihatan manusia. Di dalam tubuh terdapat beberapa senyawa yang tergolong ke dalam kelompok vitamin A, tetapi yang banyak diingat dan memang paling aktif ialah retinol. 

Sumber vitamin A pada makanan misalnya wortel, susu, keju, jagung, gandum, ubi kuning, ubi jalar merah, ubi kukus, kacang ercis, kacang merah, sayur bayam, bakung, bunkil daun talak, daun genjer, daun jambu mete, kacang panjang, kangkung, kol cina, rumput laut, sawi, mangga, pepaya, sowa, sukun, kesemek, hati sapi, hati ayam, sarden, telur ikan, dan telur asin.

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan
(c) Flickr

Selain terlibat dalam membentuk penglihatan insan secara optimal, ada fungsi retinol lain di dalam tubuh. Berikut ini manfaat vitamin A.

1. Melawan Infeksi
Manfaat vitamin A sebagai sifat anti-inflamasi dapat memerangi bisul dengan meningkatkan produksi sel darah putih atau limfosit di dalam tubuh.

2. Merawat Kesehatan Mata
Peran penting dari retinol ialah untuk menjaga fungsi penglihatan manusia. Vitamin A yang berada di dalam tubuh akan dikonversi menjadi retinaldehid untuk keperluan mata supaya terjaga kesehatannya. Konsumsi makanan dengan vitamin A rutin (atau dibantu suplemen) mampu menyembuhkan penyakit rabun senja.

3. Mencegah Penyakit Mata yang Berkaitan Dengan Usia
Gangguan penglihatan ibarat katarak, glukoma, dan penyakit okular lain yang berkaitan dengan usia menua mampu dicegah oleh vitamin A.

4. Meregenerasi Kulit
Karena dapat meregenerasi sel gres yang sehat pada kulit, maka vitamin A juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan mempercepat proses penyembuhan luka akhir terbakar. Hal ini mampu Anda aplikasikan dengan mengoleskan salep dengan kandungan sarat retinol pada area sekitar luka.

5. Sebagai Antioksidan
Salah satu bentuk vitamin A berupa beta-karoten, merupakan senyawa dengan acara antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari oksidasi di dalam tubuh ataupun polutan lingkungan yang berhasil masuk ke dalam tubuh.

Aktivitas antioksidan di dalam tubuh dapat mencegah kerusakan pada bahan genetik akhir senyawa radikal bebas sehingga menekan laju mutasi. Tertahannya laju mutasi ini akan berujung pada penurunan risiko pembentukan sel kanker. 

6. Menutrisi Janin
Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Peran dan manfaat vitamin A bagi ibu hamil ternyata sangat penting, karena dapat membantu perkembangan sel mata, organ mata, pertumbuhan tulang, kesehatan kulit bayi, dan membantu perkembangan jantung.


7. Menghambat Laju Tumbuh Virus
Khususnya virus penyakit pernapasan, campak, sampai HIV. Vitamin A mempunyai pekerjaan penting untuk menghambat perkembangan virus tersebut. Fungsi ini juga dikaitkan dengan manfaat vitamin A untuk meningkatkan daya imun tubuh.

8. Mencegah Stroke
Penderita stroke sering dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A.

9. Meningkatkan Kelembaban dan Fungsi Sel Mata
Mata yang kering kerap terjadi saat pembentukan air mata sebagai pelumas terhenti. Mata kering disebabkan oleh kekurangan lendir mata yang mampu diatasi dengan meneteskan vitamin A. Secara empiris telah dibuktikan bahwa vitamin A dapat meningkatkan kelembaban dan fungsi sel mata sehingga membuat mata tidak mudah kering.

10. Mencegah Kanker Kulit
Sebelumnya juga sempat dibahas manfaat vitamin E untuk mencegah kanker kulit. Selain tokoferol, ternyata vitamin A juga melengkapi fungsi tersebut. Konsumsi rutin vitamin A sangat efektif membantu menghilangkan bintik hitam yang muncul pada proses penuaan kulit.

Derivatif vitamin A dapat membantu menghilangkan jerawat membandel. Hanya saja, ada efek samping yang cukup serius. Jadi, disarankan untuk memulainya dengan konsultasi dahulu pada dokter yang hebat di bidangnya.

11. Mengobati Kebotakan dan Penyakit Kulit
Dikutip dari amazine, vitamin A bersama minoxidil dapat menumbuhkan rambut yang mengalami kebotakan. Selain itu, vitamin A juga berkontribusi dalam mencegah kulit mengerut dan membantu mengobati psoriasis (penyakit kulit di mana penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat).

12. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal
Batu-batu kecil yang terdapat pada kanal kemih mampu memicu rasa sakit, mual, dan muntah. Penderita akan tersiksa saat melaksanakan proses berkemih, dan lama kelamaan kerikil yang terperangkap mampu menimbun kuman penyebab infeksi. Untuk mencegah terbentuknya kerikil ginjal, vitamin A dapat dimanfaatkan dengan menghasilkan kalsium fosfat.

***

Kekurangan vitamin A mampu menyebabkan kulit kering, mata kering disertai gatal, dan ruam pada kulit. Selain itu, defisiensi vitamin A juga membuat seseorang kehilangan nafsu makan dan berat badan, mengalami kemandulan, proses tumbuh yang buruk, dan rentan terhadap infeksi.

***

Dosis harian vitamin A untuk pria remaja ialah 800 mcg, sementara wanita remaja sekitar 1000 mcg. Tubuh yang kekurangan asupan vitamin A terutama, dapat menyebabkan rabun senja, konstipasi, dan duduk perkara kesehatan lain.

Meski kenyataannya banyak manfaat vitamin A bagi kesehatan mata, kulit, dan tulang, kelebihan konsumsi atau overdosis vitamin A mampu menjadikan banyak sekali maslaah, ibarat gampang emosi, sakit perut, dan penglihatan semakin buram. Beberapa orang juga ada yang mengalami kebotakan, dan yang paling parah menyebabkan kerusakan limpa dan hati.