18 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan, Kulit dan Rambut

Manfaat Buah Semangka. Semangka (Citrullus lanatus) merupakan buah berkulit keras dengan warna hijau pekat terkadang muda disertai larik-larik hijau tua. Daging merah ada yang berwarna merah dan kuning, tergantung jenis kultivarnya. Semangka yakni buah yang tahan hidup di lahan tandus apabila tengah memasuki masa pembentukan buah.

Buah ini mempunyai cita rasa manis serta menyampaikan sensasi kesejukan bagi tenggorokan selama ekspresi dominan panas. Di sisi lain tanpa sepengetahuan insan buah ini bersifat sebagai antioksidan yang membantu organ dalam tubuh bekerja sebagaimana mestinya. 
Semangka yakni sumber antioksidan fenolik yang juga kaya akan karotenoid, likopen dan E-cucurbitacin (sebuah triterpen fitonutrisi anti-inflamasi dan asam amino, citrulline). Berikut ini nilai gizi yang terkandung dalam 100 gram buah semangka.

Kalori: Pada satu cangkir buah semangka yang dipotong-potong bentuk dadu hanya menyampaikan 46 kalori pada tubuh, sementara jumlah kalori per 100 gram nya hanyalah 30 kalori.

Karbohidrat: Semangka menyediakan sekitar 7,5 gram karbohidrat di setiap 100 gram buahnya. Semangka juga mengandung gula alami berjulukan fruktosa yang merupakan senyawa pencipta rasa manis pada daging buah.

Serat: Kandungan serat pada buah semangka sangat sempurna untuk dikonsumsi ketika Anda berupaya menurunkan berat badan, karena suplai serat diet dari buah semangka mencapai 0,4 gram.

Vitamin: Buah semangka merupakan sumber vitamin B6 (phridoksin), vitamin B1 (tiamin) dan vitamin C yang secara keseluruhan akan menyuplai kebutuhan vitamin tubuh harian mencapai 19% atau 569 mg.

Mineral: Semangka menjadi salah satu sumber potassium terbanyak dibanding buah-buahan lain yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain itu mineral lain yang terdapat dalam buah semangka yakni mangan, fungsinya untuk metabolisme dan membangun struktur tulang.

Likopen: Senyawa ini tersimpan banyak dalam buah semangka. Setiap 100 gram buah semangka segar terdapat 4.532 mg likopen yang jauh lebih tinggi dibanding jumlah 2.573 mg likopen dalam buah tomat.

Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka

Semangka merupakan salah satu buah meja yang digemari seluruh anggota keluarga. Kebiasaan makan buah semangka sehabis makan tanpa disadari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini terjadi karena tadi telah dijelaskan mengenai banyaknya kandungan yang tertanam dalam buah semangka.

Untuk mengenal lebih akrab perihal keistimewaan buah ini, berikut telah kami rangkum dari Health Beckon mengenai manfaat buah semangka untuk kesehatan.

1. Kesehatan Jantung
Semangka dinobatkan sebagai makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Sertifikat tersebut diberikan oleh The American Heart Association yang telah berpengalaman semenjak lama untuk meneliti lebih jauh mengenai organ jantung insan mulai dari nutrisi yang baik untuk jantung serta pengobatan penyakit yang berkaitan dengan jantung.

The American Heart Association juga tidak sembarang menentkan, mereka telah menemukan tingginya kadar kalium dalam buah semangka yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mengetahui hal tersebut, tentu semangka menunjukkan dukungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

2. Mencegah Berbagai Jenis Kanker
Tadi disebutkan bahwa semangka yakni sumber likopen yang lebih tinggi dibanding buah-buahan dan sayuran segar lain. Likopen ini merupakan antioksidan besar lengan berkuasa yang bisa menetralkan radikal oksigean yang berfungsi lebih optimal daripada beta-karoten dan vitamin E.

Para peneliti juga menemukan kemampuan semangka dalam upaya mencegah kanker payudara, prostat, endometrium, paru-paru serta kanker usus besar. Makara apabila Anda tidak ingin mengidap salah satu penyakit kanker tsb, banyaklah konsumsi aneka olahan semangka.

3. Menetralkan Tekanan Darah Tinggi
Studi kecil terhadap embel-embel ekstrak semangka menunjukkan keefektifitasannya dalam menormalkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk dan setengah baya. Dengan kalium dalam semangka penyakit hipertensi bahkan stroke dapat dikurangi risiko terburuk mengalami peningkatan.

4. Membuat Tidur Nyenyak
Semangka juga membantu Anda tidur lebih pulas karena kandungan karbohidrat polisakarida di dalamnya dapat meningkatkan kadar seretonin. Terjadinya peningkatan kadar seretonin ketika tidur di malam hari membuat otak Anda tidak sensitif terhadap rangsangan yang mengganggu menyerupai suara, sehingga tidur Anda lebih berkualitas.

Apabila Anda ingin membuktikannya, sehabis makan malam konsumsi beberapa potong buah semangka kemudian tidur sebelum pukul 11:00 malam. Para peneliti juga mengatakan bahwa konsumsi buah semangka sebelum tidur dapat memperpanjang tahapan tidur nyenyak sebesar 27%.

5. Memperlancar Sirkulasi Darah
Buah ini dapat melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini dikaitkan dengan kandungan arginin dalam semangka yang dapat meningkatkan oksida nitrat, sehingga pembuluh darah bekerja lebih efektif untuk mengalirkan darah serta mengobati dan mencegah disfungsi ereksi.

6. Menurunkan Berat Badan
Rasa manis yang dihasilkan dari buah ini tidak akan menghipnotis kondisi kesehatan Anda. Selain itu buah semangka tidak rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak ataupun kolesterol yang cenderung menimbulkan berat tubuh meningkat.

Bahkan karena terjadinya peningkatan konsentrasi argini dalam darah sehabis konsumsi semangka dapat memberi keuntungan bagi Anda yang ingin memperoleh tubuh langsing dengan langkah menurunkan berat tubuh secara perlahan.

7. Meredakan Nyeri Otot
Mengonsumsi semangka sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang dihasilkan ketika mengalami nyeri di adegan otot. Hal ini menjadikan buah semangka sebagai makanan yang direkomendasikan kepada para atlet sehabis latihan keras.

Kandungan citrulline dalam buah semangka akan dikonversi menjadi L-arginine, asam amino dan lemak esensial yang membantu mengurangi nyeri otot pasca-latihan hingga hari-hari berikutnya.

8. Diuretik Alami Untuk Penderita Gagal Jantung Kongestif
Semangka merpakan diuretik alami, yaitu obat yang memungkinkan ginjal untuk mengeluarkan urin lebih banyak, yang pada gilirannya akan membantu menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh. Obat diuretik sering diberikan pada pasien yang mengidap gagal jantung kongestif baik dalam bentuk larutan ataupun pil. 

Khasiat Semangka Untuk Perawatan Kulit

Banyak klinik kecantikan yang menggunakan produk perawatan berbahan dasar semangka. Hal ini karena buah semangka sarat dengan vitamin yang tidak membahayakan semua jenis kulit serta sifatnya sebagai antioksidan dapat menyampaikan kontribusi untuk kesehatan kulit menyerupai berikut.

9. Membuat Kulit Tetap Sehat
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, semangka merupakan buah yang menyegarkan karena di dalamnya sangat banyak mengandung air sehingga tubuh terhidrasi dengan baik.

Hal demikian membantu meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit tetap. Untuk menerapkannya Anda bisa mencoba ritual berikut:
  1. Parut daging buah semangka dan jadikan jus.
  2. Oleskan pada wajah dan biarkan 15 menit.
  3. Kemudian bersihkan menggunakan air hangat terlebih dahulu, kemudian gunakan air dingin.
Setelah itu menghadaplah ke beling dan lihat perubahan aktual pada kulit wajah Anda dalam waktu singkat.

10. Mencegah Penuaan
Sebagai sumber antioksidan yang besar lengan berkuasa menyerupai likopen, vitamin C dan vitamin A sudah semestinya membantu tubuh melawan radikal bebas. Dengan begitu duduk perkara yang dapat menjadikan kulit keriput, timbul garis-garis halus disertai bintik-bintik akan terhindari.

11. Mengurangi Pengaruh Buruk Sinar Matahari
Minum dua cangkir jus semangka tiap hari dan juga mengoleskan jus semangka pada kulit Anda dapat mengurangi dampak negatif atau pengaruh buruk yang timbul akhir kulit terkena paparan cahaya matahari hingga 40%.

12. Mengatasi Kulit Wajah Beminyak
Vitamin A dalam buah semangka akan mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih dalam kelenjar sebaceous. Jika Anda ingin mencobanya, campurkan jus semangka dengan daun mint yang telah dihaluskan, kemudian masukkan dalam freezer lemari es hingga berbentuk sebongkah es batu. Setelah itu gosokkan pada wajah Anda, perawatan ini akan memperkecil ukuran pori-pori pada wajah sekaligus menenangkan kulit.

13. Mengobati Jerawat
Oleskan jus semangka ke seluruh kulit wajah menggunakan kapas, setelah itu diamkan 15 menit. Jika sudah bersihkan dengan air hirau taacuh terlebih dahulu, kemudian air hirau taacuh biar kotoran yang terangkat tidak masuk lagi.

Jika Anda tidak ingin repot, carilah produk perawatan wajah berjerawat dari materi semangka dan madu atau yoghurt. Campuran kedua materi tersebut dapat menghilangkan benjol dan mencegahnya timbul kembali.

Manfaat Buah Semangka Untuk Rambut

Beberapa vitamin dan mineral dalam buah semangka menyampaikan manfaat pula bagi kesehatan rambut, berikut beberapa diantaranya:
  • Mencegah rambut rontok.
  • Memperkuat rambut yang rapuh.
  • Mengatasi rambut kering menjadi tahan berair dalam waktu lama.
  • Menyuburkan dan mempercepat proses tumbuh rambut.
  • Pelembab yang sempurna untuk rambut.

Semangka Selama Kehamilan

Banyak ibu hamil yang menanyakan
"apakah aman jikalau mengonsumsi semangka selama masa kehamilan?"
Tentunya, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi lebih untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Dengan makan buah semangka akan menyampaikan hidrasi yang dibutuhkan dan mengurangi beberapa efek samping yang tidak nyaman ketika hamil.

Kandungan vitamin A, C dan B6, serta mineral menyerupai kalium dan magnesium dalam semangka sangat penting untuk pengembangan otak, saraf dan sistem kekebalan tubuh bayi dalam rahim. Di sisi lain, kalium akan mengatur keseimbangan cairan dalam darah dan jaringan tubuh selama kehamilan.

Memenuhi kebutuhan nutrisi ketika hamil akan membantu meredakan rasa lelah ketika hamil, mengurangi rasa mual dan morning sickness yang mungkin terjadi. Kombinasi antara kalium dan magnesium juga bisa mengurangi kram otot yang disebabkan oleh trimester ketiga kehamilan.

The American Pregnancy Association menyarankan semua bumil untuk konsumsi minimal tiga iris buah semangka tiap hari. Tetapi ada juga tambahan dari “International Journal of Gynecology dan Obstetrics”, kelebihan konsumsi makanan tinggi likopen menyerupai semangka dapat mengurangi risiko pengembangan preeklampsia selama kehamilan. 

Kondisi tersebut dapat mengurangi dampak negatif yang cukup serius pada sang ibu dan bayi yang diakndungnya. Mengasup tubuh dengan likopen berlebih ketika hamil akan mengurangi risiko bayi mengalami kelambatan tumbuh kembang dalam kandungan.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa semangka benar-benar aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

***