Cara Menghilangkan Stretch Mark Medis dan Alami

Cara Menghilangkan Stretch Mark. Stretch mark ialah garis kulit umumnya berwarna putih hingga merah dan panjangnya bervariasi dari beberapa milimeter hingga belasan centimeter. Stretch mark sering terjadi di bab perut pasca wanita melahirkan alasannya ketika masa kehamilan terjadi perubahan hormon. Selain itu, perubahan berat tubuh yang tidak teratur (fluktuatif) sehingga menjadikan peregangan di bab lapisan dermis yang berlebihan dalam jangka waktu lama.

Bagian tubuh yang umum terdapat stretch mark ialah perut, payudara, lengan atas, bokong dan paha alasannya bab tubuh tersebut tingkat fleksibelitasnya lebih tinggi dibanding bab tubuh lain, ditambah dengan beberapa bab yang merupakan kawasan menumpuknya lemak.

Tindakan utama yang dapat Anda lakukan ialah menyamarkan stretch mark, dr. Amanda Lalita, Sp. KK, dermatologist & venerologist, yang berhasil di wawancarai oleh tim redaksi Wolipop memaparkan cara memudarkan stretch mark mampu dilakukan dengan dua metode, yaitu eksklusif dan tidak langsung.

Olah raga ialah cara untuk menyamarkan stretch mark secara tidak langsung. Saat berolahraga otomatis beberapa atau seluruh bab tubuh melaksanakan pergerakan sehingga berdampak faktual pada sirkulasi darah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh, terutama ke otak.

Sedangkan, cara eksklusif untuk menyamarkan stretch mark ialah dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi karbohidrat, mengubah gaya hidup ke arah yang lebih baik, hindari alkohol dan hentikan kebiasaan merokok, serta penuhi kecukupan gizi dengan mengatur contoh makan yang sehat.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Apabila guratan putih cenderung memudar dari waktu ke waktu tanpa dilakukan pengobatan. Pada remaja, tidak diharapkan lagi melaksanakan pengobatan alasannya seiring bertambahnya waktu akan hilang sepenuhnya.

Beberapa pengobatan secara medis berikut dapat membantu mempercepat proses pemudaran stretch mark pada kulit.

1. Krim dan salep
Di apotek banyak produk krim dan salep dengan beraneka ragam merek kepunyaan, kebanyakan dari mereka tentu mengklaim paling efektif untuk menghilangkan stretch mark. Faktanya stretch mark tidak hilang sepenuhnya, alasannya itu penggunaan krim atau salep ini ditujukan untuk mempercepat penyamaran stretch mark.

2. Terapi Laser
Menggunakan metode yang disebut fractional laser resurfacing ini juga tidak sepenuhnya berhasil menghilangkan stretch mark. Dari beberapa kasus yang sempat terjadi, stretch mark yang terdapat di kulit hanya hilang sementara, kemudian timbul lagi seiring berjalannya waktu. Teknik laser membutuhkan banyak biaya, sedangkan karenanya belum terjamin sepenuhnya.

Cara Mengobati Stretch Mark Alami

Daripada uang Anda sudah habis untuk membeli produk atau melaksanakan perawatan untuk menghilangkan stretch mark dengan hasil yang belum pasti, lebih baik gunakan cara pengobatan stretch mark tradisional yang jauh lebih murah dan aman.

Meskipun penggunaan obat tradisional karenanya lama, dengan ketekunan dan kesabaran pasti akan terlihat dampak positifnya tanpa disadari. Berikut ini beberapa cara alami menghilangkan stretch mark.

3. Kentang
  • Iris satu buah kentang berukuran sedang tebal-tebal.
  • Gunakan tiap irisan kentang pada bab kulit yang terdapat stretch mark dengan cara digosok secara perlahan. Pastikan biar zat cair yang tersimpan dalam kentang mengenai kulit.
  • Setelah beberapa menit, ganti dengan irisan lain hingga habis.
  • Jika sudah habis semua irisan, diamkan beberapa menit.
  • Terakhir, cuci dengan air hangat hingga tidak lengket.
  1. Ambil satu buah pengecap buaya yang sudah tua.
  2. Belah menjadi dua bagian, kemudian gosok gel pengecap buaya pada stretch mark.
  3. Diamkan selama lima menit, terakhir bersihkan dengan air hangat.
5. Air Putih
Anda mampu mencoba cara paling mudah ini, minum air putih melebihi 10 gelas dalam sehari dapat menjaga elastisitas kulit dan membantu mengeluarkan racun atau kotoran kulit dari dalam.

6. Jus Lemon
  • Potong buah lemon menjadi dua bagian, kemudian gunakan bab daging untuk mengoles stretch mark dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan hingga 10 menit biar cairan menyerap ke dalam kulit.
  • Terakhir, cuci menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi air hangat.
7. Minyak Zaitun (Olive Oil)
  1. Tuang beberapa sendok makan minyak zaitun pda mangkuk kecil.
  2. Oleskan pada bab kulit yang terdapat guratan putih.
  3. Pjat perlahan selama beberapa menit.
  4. Jika sudah, diamkan minimal 30 menit biar kandungan vitamin A, D dan E terserap.
  5. Bersihkan atau diamkan saja alasannya nanti akan hilang dengan sendirinya.
8. Bubuk Coklat
  • Buat pasta dari bubuk coklat, pastikan biar krim atau pasta tidak cair.
  • Balurkan pasta pekat pada permukaan kulit yang terdapat stretch mark.
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan.
  • Lakukan sehari dua kali selama satu hingga dua bulan berturut-turut.
9. Putih Telur
  1. Pecahkan dua butir telur, ambil bab putihnya saja.
  2. Aduk sebentar menggunakan garpu atau sendok.
  3. Oleskan dengan tangan pada kulit ber stretch mark.
  4. Biarkan menyerap hingga 15 menit.
  5. Bersihkan dengan air dan sabun biar busuk anyir hilang.
Ketika Anda melaksanakan perawatan untuk mengatasi stretch mark, pastikan biar makanan yang Anda santap tiap harinya mengandung protein tinggi dan rendah karbohidrat menyerupai labu, semangka beserta bijinya, kacang tanah, almond, yoghurt dan putih telur yang direbus.

Tips Mencegah Stretch Mark

Untuk mencegah stretch mark hindarilah acara yang menjadikan kulit mengalami peregangan dan defisit kolagen seperti:
  • Tidak minum obat-obatan kulit kortikosteroid dalam jangka panjang.
  • Kontrol berat tubuh dan jangan biarkan turun atau naik dratis secara tiba-tiba.
  • Hindari pertumbuhan otot yang berlebihan alasannya mampu juga dianggap menyerupai varises.
  • Ketika hamil, gunakan stagen di area perut untuk mendukung beban rahim. Upayakan biar peningkatan berat tubuh terjadi dalam rentang yang dianjurkan dan secara bertahap.

Tips mencegah stretch mark tidak hanya ditujukan pada Anda yang belum memilikinya, tetapi bagi yang sudah pernah mempunyainya, sudah semestinya menjalani perawatan tersebut setelah berhasil melaksanakan cara menghilangkan stretch mark.