Manfaat Daun Dan Buah Jeruk Nipis Sebagai Obat Tradisional

Citrus Aurantifolia lebih dikenal dengan sebutan jeruk nipis, sudah diketahuai pada zaman dahulu kala dan dimanfaakan sebagai tanaman herbal. Jeruk nipis merupakan salah satu varian buah jeruk yang dimanfaatkan untuk pengobatan dan kecantikan. Jarang sekali atau bahkan tidak ada yang mengkonsumsinya pribadi alasannya yaitu rasanya yang sangat masam, dan kecut, pemanfaatan jeruk nipis biasanya dicampur dengan madu atau ditambahkan dengan materi herbal lainnya.

Di dalam ekstrak buah jeruk nipis megandung zat minyak limonene dan linalool, flavonoid ibarat poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Sedangkan jeruk nipis yang sudah matang memiliki kandungan synephrine dan N-methyltyramine, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, Bsatu, dan C.

Citrus

Manfaat Daun Dan Buah Jeruk Nipis

Sedangkan Air buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, materi pembuat asam sitrat, serta membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor. Bisa juga sebagai campuran jamu

Sebagai herbal alami, jeruk nipis berguna untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak, peluruh kencing dan keringat, serta membantu proses pencernaan

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, ibarat poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak yaitu synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, Bsatu, dan C. Asam sitratnya bisa mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi kerikil ginjal. berikut ini ada beberapa tips cara meracik ramuan tradisional dari jeruk nipis yang dapat digunakan untuk mengobati banyak sekali macam penyakit. sbb

26. Mengobati Sakit Ambeien
Sebanyak sepuluh gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air satu liter selama satu/Dua jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat tiga kali sehari.

25. Jeruk Nipis Untuk Penderita Amandel
Kulit tiga jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan Dua gelas air hingga airnya tersisa tiga/empat, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan tiga-empat kali sehari.

24. Sakit Anyang-anyangan
Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula kerikil secukupnya dan satu gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

23. Membasmi Panu dan Kurap
Cuci satu genggam akar landep hingga bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bab kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan Dua kali sehari hingga sembuh.

22. Menyembuhkan Malaria
Sediakan tiga lembar daun jeruk nipis dan daun kendal, dan tujuh lembar daun prasman. Rebus bahan-bahan tersebut dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

21. Keseleo
Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan satu/Dua cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah masbodoh diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan Dua sendok makan minyak kayu putih dan Dua sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bab yang cedera. Setelah itu minum tiga/empat gelas air kelapa hijau muda. Lakukan tiga kali sehari.

20. Sakit Pinggang
Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto masing-masing satu genggam, Dua0 lembar daun sirih, tiga jari akar pepaya, empat jari akar kepayang, 6 jari akar kelor, dan Dua0 buah cabai rawit, lalu tumbuk hingga halus. Rendam ramuan tersebut dalam Dua liter alkohol selama tujuh hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bab tubuh yang sakit.

19. Mengobati Sakit Gigi
Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan badak masing-masing satu sendok makan. Tambahkan tiga/empat cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk hingga rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan empat-6 kali sehari.

18. Menguruskan Badan
Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

17. Menambah Stamina Bagi Pria Dewasa
Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan satu buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk hingga rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

16. Menyembuhkan Batuk
Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum Dua-tiga kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula kerikil lalu diaduk hingga rata, diminum satu kali sehari hingga sembuh.

15. Influenza yang disertai batuk berdahak
Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan satu/Dua sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini Dua kali sehari Dua sendok makan.

14. Dapat Menghilangkan Bau Badan
Bau tubuh tak sedap bisa membuat seseorang minder dan terasing dari pergaulan. Namun tidak perlu khawatir, alasannya yaitu sebuah jeruk nipis bisa mengatasinya. Potong satu jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian. Olesi bab dalam jeruk dengan kapur sirih. Oleskan di ketiak setelah mandi. Diamkan selama 5 menit lalu bilas.

13. Mengobati Batu Ginjal
Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan Dua gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama satu0 hari.

12. Sakit Difteri
Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan satu gelas air panas ditambah satu sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit ketika masih hangat, lalu diminum. Lakukan tiga kali sehari.

11. Meringankan Flu dan Demam
Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan tiga siung bawang merah yang telah dilumatkan dan satu sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan satu sendok makan madu. Minum sekaligus.

10. Menghilangkan ketombe dan Menumbuhkan Rambut
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala hingga rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan tiga kali seminggu.

9. Membantu berhenti Merokok
Iris satu jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

8. Mengobati Vertigo
Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan Dua kali sehari.

7. Meringankan Radang Tenggorokan
Potong tiga buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan satu/Dua cangkir air panas, tambahkan satu sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama Dua-tiga menit. Lakukan tiga kali sehari.

6. Menghilangkan Lendir Tenggorokan
Potong Dua buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk hingga rata. Ramuan ini dapat diminum pada ketika perut kosong.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Sediakan Dua0 kuntum bunga dan tiga puluh lembar daun jeruk nipis. Cuci hingga bersih, lalu tambahkan air perasan Dua buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam tiga gelas air bersih hingga tersisa Dua satu/empat gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum tiga kali sehari tiga/empat gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

4. Memperlancar Haid
Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah satu sendok makan madu dan Dua gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan tiga kali sehari

3. Sangat baik Bagi Ibu yang telah Melahirkan
Satu sendok makan kapur sirih ditambah Dua sendok makan minyak kayu putih dan Dua butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk hingga rata, balurkan pada perut. Lakukan selama tiga bulan tiap hari sehabis mandi, biar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis ibarat sediakala.

2. Mengilagkan Jerawat dan bekas jerawat
Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah.

1. Mempertebal Rambut
Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan tiga butir jeruk nipis kampung hingga rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit hingga merata, biarkan selama Dua jam gres dibilas dengan sampo merang biar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari satu ikat merang, dibakar hingga menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

Demikian daun katuk