4 Sayuran Penurun Hipertensi

KESEHATANKU-Hipertensi atau yang disebut dengan tekanan darah tinggi ini harus diwaspadai, karena bagi penderita hipertensi tidak merasakan gejala yang sangat berarti. Tetapi biasanya hipertensi dirasakan dengan adanya sakit kepala, mudah lelah sehingga banyak orang yang menganggap bukan gejala hipertensi. Untuk menurunkan atau mencegah hipertensi sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat dan olahraga yang teratur. Ada bebrapa sayuran yang dapat menurunkan hipertensi, berikut adalah sayuran penurun hipertensi:

1. Seledri
Bahan anti-hipertensi yang terdapat pada sledri dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Sehingga sledri sangat baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi supaya tekanan darah dapat turun secara berangsur-angsur.

4 Sayuran Penurun Hipertensi


2. Tomat 
Tomat kaya akan vitamin, mineral, karbohidrat, asam organik dan sejumlah kecil protein, dapat mempromosikan pencernaan, diuretik, menghambat berbagai timbulnya bakteri. Tomat mengandung vitamin D yang dapat melindungi pembuluh darah, sehingga menjadi pengobatan hipertensi. Tomat juga mengandung glutathione, telah menunda penuaan sel, meningkatkan kemampuan melawan kanker tubuh. Jadi tomat dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi gejala hipertensi.

3. Bayam
Bayam adalah sayuran hijau yang memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi dan nutrisinya memberikan manfaat bagi kesehatan. Magnesium yang terkandung di dalamnya dinilai dapat mengontrol dan bahkan menurunkan tekanan darah saat sedang tinggi. Apabila dikonsumsi secara rutin, bayam dapat membantu menjaga pembuluh arteri dan meningkatkan aliran darah. Pada akhirnya, bayam diyakini dapat membantu mengatur dan mengelola hipertensi seseorang.

Baca Juga: Manfaat Mengkonsumsi Jahe di Musim Panas

4. Wortel
Apabila tekanan darah sudah akut, maka perbanyaklah mengonsumsi wortel. Ini dikarenakan wortel banyak mengandung beta-karoten serta kalium yang dapat memberikan manfaat terhadap fungsi ginjal dan membantu mengendalikan denyut jantung. Mengonsumsi sayuran wortel ini secara rutin diyakini dapat mengontrol tekanan.

Demikian 4 sayuran yang dapat menurunkan tekanan darah, semoga dengan mengkonsumsi makanan tersebut dapat menurunkan bahkan mencegah hipertensi