5 Nutrisi Penting Untuk BALITA

5 Nutrisi Penting Untuk BALITA-Seorang bayi atau bayi dibawah lima tahun yang disebut dengan BALITA membutuhkan banyak nutrisi yang penting untuk membantu tumbuh kembang mereka. Tentu saja, perlu ditekankan bahwa kebutuhan untuk memberikan gizi anak harus sangat diperhatikan. Tanpa nutrisi yang cukup, maka mereka akan beresiko kekurangan gizi, yang pada gilirannya akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan mereka. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita benar-benar harus peduli tentang asupan gizi mereka.

Berikut adalah beberapa asupan nutrisi yang harus diperhatikan dan diberikan kepada seorang balita maupun anak kecil.

1. DHA
Menurut dokter anak Scott Cohen, DHA untuk perkembangan otak anak-anak merupakan faktor penting. Namun, balita rata-rata baru saja memenangkan asam lemak ω-3 adalah sekitar 25% dari rekomendasi. Otak bayi yang berusia tiga tahun pertama berkembang kecerdasannya sangat pesat, sementara DHA bisa membantunya. Bahkan DHA dapat membantu mengatasi alergi dan pilek, serta membantu tidur anak Anda lebih baik. DHA sebagai sumber makanan diperoleh dari telur, ikan, dan susu.

5 Nutrisi Penting Untuk BALITA


2. Kalium
Fox News melaporkan bahwa, menurut ahli gizi Sarah Krieger, Kalium merupakan nutrisi penting untuk mengontrol tekanan darah. Sayangnya, sebagian besar anak-anak tidak mendapatkan nutrisi ini, terutama risiko pada mereka yang menderita obesitas atau kegemukan. Penuhi kebutuhan kalium anak anda yang sebagian besar terdapat pada buah dan sayuran, yang dapat menjadi sumber terbaik dari kalium yaitu pisang, kentang, kacang polong, brokoli, semangka, stroberi, dan melon.

3. Kalsium
Kebutuhan kalsium untuk mendukung kesehatan tulang, gigi dan otot, kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi dan anak kecil. Kalsium dapat ditemukan dalam makanan seperti susu, keju, yogurt, saus apel, sereal, dan sebagainya.

4. Zat besi
Zat besi berperan penting terhadap pembuatan hemoglobin, yang mana didalam sel darah merah, berperan dalam pasokan oksigen dari paru-paru ke bagian seluruh jaringan tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Salah satu alasan utama, anak Anda tidak cukup asupan zat besi karena mereka minum terlalu banyak asupan kalsium yang bersumber dari susu yang membuat zat besi tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Solusinya adalah dengan membatasi konsumsi susu yaitu dua gelas susu sehari saja. Dan yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan zat besi balita dengan memberikan makanan yang memiliki zat besi yang baik seperti  sereal, ayam, telur, roti, dan daging sapi tanpa lemak.


5. Serat
Penuhilah kebutuhan serat anak anda, karena serat sangat penting kesehatan pencernaan, terutama bagi anak-anak yang sering sembelit. Memberikan dalam makanan yang kaya akan serat, terutama buah-buahan dan sayuran. Anda juga dapat menambahkan oatmeal untuk memberikan serat tambahan.

Demikianlah 5 nutrisi yang sangat penting bagi balita anda, supaya memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik dari segi fisik maupun kecerdasannya.