9 Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

9 Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur-Mendengkur keras merupakan gejala yang paling umum dari banyak orang dengan apnea tidur obstruktif di negara ini. Beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka mendengkur, karena mereka jarang dibangunkan oleh suara mendengkur. Gangguan tidur terjadi ketika pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dibatasi akibat dengkur

Penyebab Mendengkur

Mendengkur didorong oleh penyempitan saluran udara disaluran pernafasan, atau jumlah oksigen di tenggorokan atau hidung yang tersumbat. Bahkan, mendengkur disebabkan oleh udara, karena ketika masuk ke dalam tubuh pada langit-langit mulut, uvula, lidah, tonsil di tenggorokan menyebabkan getaran otot, kata Dr Joseph Mercola, seorang dokter berlisensi dan ahli bedah. Jika udara yang Anda hirup kesulitan melalui hidung dan mulut saat Anda tidur untuk bernafas, maka kemungkinan Anda akan mendengkur.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sendiri, sehingga Anda dapat berhenti mendengkur. Upaya yang bisa dilakukan termasuk perubahan gaya hidup yang lebih sehat. berikut adalah tips untuk menghindari mendengkur:

1. Berhenti Merokok
Jika Anda seorang perokok, semakin tinggi kesempatan Anda mendengkur. Merokok dapat menyebabkan saluran udara untuk bernafas menjadi sempit, karena membran pada hidung dan tenggorokan terjadi iritasi . Oleh karena itu, harus segera berhenti merokok untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur

9 Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

2. Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan, meskipun hanya sedikit mengurangi jaringan lemak di bagian belakang tenggorokan sehingga dapat mengurangi mendengkur bahkan memungkinkan Anda untuk berhenti mendengkur. Anda dapat menggunakan diet atau rencana latihan untuk melakukannya.

3. Olahraga
Selain menurunkan berat badan, olahraga akan membentuk bagian-bagian tubuh, seperti lengan, kaki dan perut untuk menghasilkan manfaat positif, tetapi juga membantu mengencangkan otot-otot tenggorokan Anda akhirnya akan mengatasi masalah mendengkur Anda.

4. Hindari alkohol
Alkohol, obat tidur, dan obat penenang dapat mengendurkan otot-otot di tenggorokan, bernapas menjadi tergangu. Terutama bagi mereka yang benar-benar membutuhkan obat tidur dan obat penenang, lanjut berkonsultasi dengan dokter Anda. Hal ini karena ada banyak jenis pil atau obat penenang tidur bisa membuat mendengkur menjadi lebih buruk.

5. Mengatur pola tidur yang teratur
Atur waktu tidur Anda, dan pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup baik dan kualitas tidur yang cukup. Jika kualitas tidur Anda baik, maka dapat mengurangi risiko mendengkur.

6. Menjaga ruang untuk menjaga udara tetap lembab
Jaga kamar tidur Anda dalam keadaan lembab, Anda dapat menggunakan alat pelembab udara (humidifier). Udara kering dapat mengiritasi membran di hidung dan tenggorokan, yang akan meningkatkan kesempatan Anda mendengkur.

7. Pastikan hidung tidak tersumbat
Hidung tersumbat dapat membuat proses udara yang dihirup akan lebih sulit sehingga akan memaksa bernafas melalui tenggorokan yang dapat meyebabkan mendengkur.Untuk mengatasi situasi ini, pengguna dapat menghirup minyak kayu putih atau aroma terapi lainnya yang dapat membuat hidung tidak tersumbat.

8. Tidur Menyamping
Hindari tidur telentang, karena akan membuat mulut mudah terbuka dan membuat lidah menutup saluran pernapasan yang akan menghambat aliran udara masuk, dan akhirnya membuat tidur anda mendengkur.


9. Kepala memiliki posisi yang lebih tinggi
Posisi kepala Anda beberapa inci lebih tinggi dari tubuh, dengan begitu dapat memudahkan anda dalam bernapas, dan mendorong lidah dan rahang bawah ke depan. Dengan demikian, penggunaan bantal saat tidur sangat penting. 

Demikian 9 Tips Supaya Tidak Mendengkur, Semoga dengan melakukan hal yang tersebut diatas dapt menghilangkan kebiasaan buruk mendengkur supaya suara dengkuran tidak mengganggu orang disekitarnya.